PUSKESMAS PATUK II SOSIALISASIKAN KADER JUMANTIK

18 Agustus 2017 00:03:21 WIB

Putat (SIDA)- Puskesmas Patuk II kembali melakukan kegiatan di Desa Putat. Kali ini Gunawan dari Bidang Kesehatan Lingkungan Puskesmas Patuk II memberikan materi Sosialisasi Kader Jumantik dalam pertemuan yang menghadirkan para Keder Desa yang jumlahnya mencapai 96 orang.

Pertemuan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan agenda rutin pertemuan Kader Desa yang sengaja disesuaikan dengan kegiatan sosialisasi ini.

Gunawan menyampaikan materi tentang pentingnya pemantauan jentik nyamuk di setiap rumah sebagai bentuk tindakan prefentif terjangkitnya DBD. Hal ini diperlukan mengingat data penderita selama 3 tahun terakhir ini Desa Putat selalu ada. Sehingga secara ruang lingkup Puskesmas Patuk II Desa Putat bisa dikatakan sebagai daerah endemis DB.

Untuk itu Puskesmas Patuk II mensosialisasikan pemantauan jentik nyamuk di setiap rumah dengan metode pantauan mandiri disertai dengan form untuk diisi pada bulan Oktober mendatang yang diprediksi sudah memasuki musim hujan.

Dalam sosialisasi tersebut Gunawan menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pemantauan jentik nyamuk serta memberikan penjelasan mengenai jenis jentik yang berbahaya. Diharapkan dengan metode Kader Jumantik di setiap rumah dapat mencegah timbulnya penderita DB di Desa Putat.

Juni Putra Nugraha selaku Kasi Pelayanan yang juga hadir dalam sosialisasi tersebut juga menghimbau kepada kader untuk lebih peka dan greteh kepada masyarakat. Baik secara formal dalam pertemuan di tingkat padukuhan atau secara personal. Hal ini disampaikan berdasar pada hasil tinjauan di lapangan dimana Juni mendapati daerah-daerah yang memiliki usaha barang bekas atau rosok yang hanya dibiarkan begitu saja di lahan pekarangan atau tegalan.

“Barang bekas yang berpotensi menjadi sarang nyamuk seperti botol, kaleng dll. hanya dibiarkan begitu saja. Barang-barang hanya diletakkan di atas tanah tanpa ada penutupnya, minimal dibungkus terpal agar air tidak masuk dalam barang itu.” Jelas Juni.

Juni juga meminta kader untuk mengingatkan para pengusaha barang bekas tersebut untuk membantu dukuh yang juga sudah diminta Juni untuk menertibkannya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT