MALAM TIRAKATAN HARI JADI KE-194 GUNUNGKIDUL

wahyun 03 Oktober 2024 21:47:39 WIB

Putat (SIDA) - Pemerintah Kalurahan Putat melaksanakan malam tirakatan memperingati Hari Jadi ke-194 Kabupaten Gunungkidul pada Kamis (03/10/2024). Acara yang diselenggarakan di Aula Kalurahan Putat ini dihadiri oleh 60 orang yang terdiri dari Pamong, Bamuskal, Bhabinkamtibmas, dan Perwakilan seluruh lembaga yang ada di Kalurahan Putat.

Pada peringatan Hari Jadi Gunungkidul di tahun 2024 ini tema yang diangkat adalah "Lir Handaya Paseban Jati". Tema ini bermakna bahwa masyarakat Kabupaten Gunungkidul selalu mengingat akan kuasa Sang Pencipta, berserah diri dan mengalirkan hidup pada ketetapan dan ketentuan Tuhan Yang Maha Esa. Selaras dengan tema ini, Lurah Putat dalam sambutannya menyampaikan harapan khususnya kepada masyarakat Kalurahan Putat untuk senantiasa memupuk spiritualitas dalam bentuk keimanan dan ketakwaan sehingga menjadi bekal dalam berbudaya dan bermasyarakat.

Dalam kesempatan ini, Carik Putat membacakan sejarah singkat Kabupaten Gunungkidul dari awal terbentuk sampai pemerintahan masa sekarang. Sejarah yang dibacakan ini ditujukan agar dapat meningkatkan pengetahuan dan literasi masyarakat Gunungkidul terhadap sejarah tanah kelahirannya.

Dalam acara inti dan sebagai sebuah simbol kebahagiaan dan kesyukuran yang dirasakan bersama, Lurah Putat memotong tumpeng dan diserahkan kepada Ketua Bamuskal Putat, AY Barsono. Selanjutnya hidangan ingkung dan tumpeng dibagi secara merata kepasa semua yang hadir. Hidangan ini disebut "berkat".

Sambil menunggu nasi berkat disiapkan dan dibagikan, Lurah Putat memimpin Sarasehan. Dalam sarasehan ini Rusbandi menyampaikan beberapa kondisi dan informasi salah satunya tentang keberadaan Desa Mart, sebagai salah satu unit usaha BUMDES. 

Setelah nasi berkat dibagikan dan sesi Sarasehan selesai, acara malam tirakatan ditutup. Setiap hadirin membawa berkat-nya untuk dibawa pulang ke rumah masing-masing dan dinikmati bersama keluarga di rumah. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT