DUKUH PUTAT II SUKSES BIKIN MACET JALAN NASIONAL

13 Agustus 2017 22:57:34 WIB

Putat (SIDA)- Dukuh Putat II sukses bikin macet jalan nasional pada hari Minggu, 13 Agustus 2017 sekitar pukul 10.30 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Hal itu terjadi bukan tanpa sebab, melainkan Dukuh Putat II, Yasinta Ratnawati, A.Md. bersama warga Putat II mengadakan Kirab Budaya dalam rangka Bersih Dusun atau Rasulan.

Bersih Dusun Putat II dimulai pada hari minggu dengan rangkaian acara Kirab Budaya, Pentas Barongsai, Pentas Kesenian Lokal dan Panggung Orkes Melayu dari Nazaputra pada malam harinya. Dan puncaknya adalah Kenduri Bersih Dusun yang akan dilaksanakan pada hari Senin Legi, 14 Agustus 2017 di Balai Padukuhan Putat II.

Dalam Kirab Budaya tersebut, warga menampilkan beberapa potensi yang dimiliki seperti Bregodo Tani, Drum Band SD, Drum Band BANSER serta dimeriahkan juga dengan Bregodo Prajurit dari Padukuhan Batur yang turut andil memeriahkan kirab tersebut.

Kirab Budaya yang mangambil rute dari ujung barat Padukuhan Putat II, tepatnya di Patung Bancak Doyok Pedotan menuju ke pertigaan setelah SMK Muhammadiyah 1 Patuk dan mengambil rute jalan desa menuju lapangan di sebelah utara kediaman dukuh.

Meskipun upacara adat rasulan berlangsung saat cuaca terik namun tidak menyurutkan semangat para peserta. Mereka menunggu prosesi penyerahan gunungan dari masyarakat yang diwakili oleh Wagirin selaku Ketua RW 09 dan diterima oleh Yasinta selaku Dukuh Putat II.

Kemiran selaku Ketua Dewan Kebudayaan yang hadir pada saat upacara menyampaikan harapan agar tahun mendatang kirab bisa dilaksanakan untuk satu desa agar lebih guyub dan meriah.

“Pak Juni selaku Kasi Pelayanan sudah merencanakan hal itu bersama dengan anggarannya. Semoga harapan kita semua bisa mendapat dukungan dari Pemerintah Desa dan BPD serta ada anggaran yang diperbolehkan untuk alokasi kirab budaya ini, tentunya yang tidak melanggar peraturan yang ada.” Jelas Kemiran.

Selain Kemiran, hadir pula Suprapti selaku Sekretaris Desa Putat yang mewakili Kepala Desa, Sumadi selaku Kaur Keuangan, Juni Putra Nugraha selaku Kasi Pelayanan dan Joko Yuono selaku Kaur TU dan Umum.

Acara upacara adat rasulan tersebut berakhir pada pukul 13.30 WIB dengan diperebutkannya gunungan oleh warga dan dilanjutkan dengan atraksi barongsai sampai sore harinya.

Komentar atas DUKUH PUTAT II SUKSES BIKIN MACET JALAN NASIONAL

Admin 15 Agustus 2017 21:00:46 WIB
Bp. Kawit : Terima kasih bapak atas kunjungan dan tanggapan di web Desa Putat. Judul kami desain agar menjadi perhatian pembaca untuk berkenan menengok isinya.... Ibu Sarmiyati : Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya Bu Sarmiyati, semoga akan menjadi virus di Padukuhan lain untuk menjaga dan melestarikan budaya tersebut...
Kawit 15 Agustus 2017 14:08:35 WIB
Judul.e kok serem ...
Kawit 15 Agustus 2017 13:50:29 WIB
Manteepp....
Sarmiyati Arfinnisa 14 Agustus 2017 20:11:02 WIB
Menjaga dan melestarikan budaya, meningkatkan rasa solidaritas serta gotong royong masyarakat. Tingkatkan terus kegiatan2 positif seperti ini.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT