KKN UNIVERSITAS MERCUBUANA MELAKSANAKAN TIGA AGENDA UNTUK DESA PRIMA GUMREGAH

wahyun 10 Agustus 2024 15:48:11 WIB

Putat (SIDA) – KKN Mahasiswa Kelas Karyawan Universitas Mercubuana Yogyakarta menyelenggarakan tiga kegiatan yaitu Sosialisasi SOP dan Peran Penting SDM dalam UMKM, Edukasi dan Implementasi foto produk dan katalog produk, dan Pelatihan Penggunaan Artificial Intelegent (AI) untuk Optimalisasi Bisnis untuk Desa Prima Gumregah. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim KKN di pekan ke-3 pada Sabtu (10/08/2024) bertempat di Aula Kalurahan Putat.

Sosialiasi SOP dan SDM diikuti oleh seluruh anggota dan pengurus. Sedangkan pelatihan foto produk ditargetkan untuk anggota Desa Prima Gumergah yang masih muda dengan pertimbangan mereka sangat familiar dalam penggunaan gadget dan dapat menyerap materi pelatihan dengan optimal. Pelatihan penggunaan AI untuk web diikuti oleh pengurus dan admin yang kedepannya akan bertugas mengelola web yang telah dibuatkan oleh tim KKN.

Sebelum agenda inti dilaksanakan, dalam kesempatan pertama bertatap muka secara menyeluruh semua angggota Desa Prima ini Tim KKN memperkenalkan diri terlebih dahulu satu persatu. Setelahnya dilanjutkan agenda pertama yaitu Sosialisasi SOP dan Peran Penting SDM dalam UMKM. Sosialisasi SOP diisi oleh Annisa, Brili, dan Mauren. Mahasiswa KKN juga menyerahkan secara simbolis SOP yang telah disusun berdasarkan informasi yang dijaring dari ibu-ibu pelaksana produksi Bolu Kelapa. SOP tersebut antara lain meliputi penggunaan oven rotary dan oven listrik. Sosialisasi tentang SDM disampaikan oleh Dewi. “Salah satu kunci keberhasilan UMKM adalah pengelolaan SDM yang efektif,” jelasnya. “Tidak ada sukses yang diraih sendirian, kesuksesan selalu butuh kerja sama,” tegasnya di akhir materi.

Agenda kedua adalah pelatihan foto produk dan web AI. Dua kegiatan ini dilaksanakan secara terpisah.

Pelatihan foto produk diajarkan oleh personil KKN yang akrab disapa Mas Okta dan Mbak Aurel. Anggota Desa Prima sejumlah 5 orang dilatih untuk mengambil foto dengan angel dan pencahayaan yang sesuai dengan menggunakan properti tambahan untuk menarik perhatian konsumen. Properti pengambilan foto produk dihibahkan kepada Desa Prima agar selanjutnya dapat dimanfaatkan.

Pelatihan pengelolaan web dengan AI diikuti oleh pengurus Desa Prima dan Admin. Dalam pelatihan yang disampaikan oleh Velly dan Dewi ini, pengurus diajarkan cara membuat artikel sesuai dengan kebutuhan, sasaran, dan tujuan dari artikel itu dibuat. Dengan teknologi AI pengelola dapat membuat content web dengan mudah, cepat, dan menarik.

Tim KKN beberapa kali mengajak peserta pelatihan untuk ice breaking sehingga membuat Ibu-ibu Desa Prima Gumregah mengikuti agenda yang dilaksanakan dari pagi hingga siang hari ini dengan semangat dan antusias. Kamituwa selaku perwakilan dari Pemerintah Kalurahan Putat yang turut hadir pada acar ini menegaskan kepada Anggota Desa Prima bahwa ilmu dan keterampilan yang diterima dari KKN Universitas Mercubuana harus diaplikasikan untuk perbaikan dan kebaikan Desa Prima Gumregah kedepannya. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT