PEMBINAAN KELOMPOK TANI HUTAN WANA LESTARI

Jk.Bl4ncir 11 Agustus 2017 15:13:48 WIB

Putat (SIDA)- Dinas Kehutanan dan Perkebunan Daerah Istimewa Yogyakarta  melaksanakan kegiatan Pembinaan Kelompok Tani Hutan kepada KTH WANA LESTARI di Padukuhan Batur Desa Putat. Acara yang berlangsung pada Hari Jumat, 11 Agustus 2017 pukul 09.00 WIB dan bertempat di Balai Padukuhan Batur dan dihadiri oleh Seksi Pengamanan Hutan Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY, Penyuluh Kehutanan, Ketua KTH Wana Lestari beserta 30 orang anggotanya serta Kasi Kesejahteraan Desa Putat.

Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY akan menyalurkan dana pembinaan dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk Tahap I sebesar Rp.6.000.000; untuk KTH Wana Lestari.

”Saya mewakili seluruh anggota Kelompok Wana Lestari mengucapkan terima kasih atas penyaluran dana tersebut serta pembinaan yang akan kami dapatkan nanti.“ ungkap Sukedi selaku Ketua KTH Wana Lestari dalam sambutanya.

Sementara itu Retno Kusharjanti selaku Seksi Pengamanan Hutan Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY mengatakan bahwa dalam pembinaan ini nantinya akan dibuat sket area kerja dan sket komoditasnya serta nantinya segala bentuk keadministrasian di kelompok harus tertata rapi dan nantinya juga ada pembinaan administrasi dari dinas untuk meningkatkan kelas dari pemula menjadi madya.

“Laporan harus dibuat di bulan Agustus ini, dokumentasi jangan lupa, serta SPJ harus segera diselesaiakan, buku administrasi paling tidak ada 13 buku.“ jelasnya.

Dalam pembinaan ini disarankan pula untuk membentuk KWT atau Kelompok Wanita Tani karena banyak warga Batur terutama ibu-ibu yang berprofesi sebagai petani. Nantinya juga dibuatkan tabel untuk data inventarisasi tanaman kelompok.

“Pembinaan nantinya akan dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap pertama akan dilaksanakan pada bulan Agustus ini dan dua tahap berikutnya akan dilaksanakan pada september bulan depan.“ Jelas Sukasno selaku penyuluh.

Anggota kelompok berharap pelatihan atau pembinaan ini bisa berkelanjutan sehingga nantinya baik itu dari segi keadministrasian atau tata cara penanaman yang baik akan didapatkan dalam agenda pembinaan ini.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT