AKREDITASI DESA BUDAYA PUTAT

wahyun 06 Agustus 2024 15:27:14 WIB

Putat (SIDA) – Pemerintah Kalurahan Putat melaksanakan agenda akreditasi Desa Budaya pada Selasa (06/08/2024). Akreditasi yang dilakukan secara berkala oleh Dinas Kabudayaan Kundha Kabudayan ini bertujuan untuk menetapkan status Desa Budaya apakah “Maju” atau “Berkembang”. Pada akreditasi sebelumnya Desa Budaya Putat memperoleh kategori Desa Budaya Maju.

Kegiatan akreditasi dilaksanakan di Balai Kalurahan Putat dan dihadiri oleh tamu undangan yang terdiri dari Dinas Kabudayaan Kundha Kabudayan dan tim penilai sebanyak 6 orang sebagaimana unsur/ aspek yang dinilai dalam akreditasi Desa Budaya ini. Acara yang dilaksanakan pada siang hari ini juga dihadiri oleh Panewu Anom Kapanewon Patuk, Pamong Kalurahan Putat, Ketua Bamuskal, dan beberapa pengurus Desa Budaya.

Enam aspek yang diverifikasi adalah adat tradisi, seni pertunjukan, bahasa sastra aksara, Kerajinan kuliner obat tradisional, arsitektur warisan budaya, dan tata Kelola. Setiap aspek sudah disiapkan data-data yang mendukung dan diverifikasi langsung oleh tim penilai di meja masing-masing aspek yang telah disiapkan. Setiap aspek diverifikasi kepada personal baik pamong dan pengurus Desa Budaya yang terkait.

Dalam agenda akreditasi Desa Budaya ini, Pemerintah Kalurahan Putat juga menampilkan produk UMKM sebagai salah satu pendukung dari Desa Budaya. UMKM yang disajikan merupakan produk dari Desa Prima Gumregah, PKK Putat, serta UMKM yang merupakan potensi dari sembilan padukuhan yang ada di Kalurahan Putat. Produk tersebut antara lain batik khas Putat, Bolu Kelapa, Seruputan, Kacang Kreweng PKK, aneka keripik, Ampyang Coklat, dan produk kerajinan kayu yang meliputi kerajinan batik kayu Padukuhan Bobung dan produk kayu fungsional dari Padukuhan Gumawang. [YN]

Dokumen Lampiran : Akreditasi desa budaya


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT