PELATIHAN PENGEMASAN PRODUK UMKM UNTUK PMBK SAMI ASIH

wahyun 12 Juli 2024 10:59:14 WIB

Putat (SIDA) – Pemerintah Kalurahan Putat menyelenggarakan pelatihan pengemasan produk UMKM untuk Lembaga difable di Kalurahan Putat yaitu Perkumpulan Masyarakat Berkebutuhan Khusus (PMBK) Sami Asih pada Kamis (11/07/2023). Pelatihan yang dilaksanakan di Aula Kalurahan Putat ini dhadiri oleh 30 orang yang terdiri dari pengurus dan anggota PMBK Sami Asih baik yang terundang langsung maupun anggota keluarga yang mewakili.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan untuk PMBK Sami Asih tahun sebelumnya yaitu pelatihan pembuatan kerupuk nasi/ gendar. Pasca pelatihan tersebut anggota PMBK Sami Asih mulai memproduksi kerupuk gendar dan mulai memasarkan. Namun masih ditemukan kendala dalam pemasaran yaitu pengemasan yang masih seadanya sehingga pada Tahun Anggaran 2024 Pemerintah Kalurahan Putat kembali menganggarkan kegiatan untuk pelatihan pengemasan produk kerupuk gendar produksi PMBK Sami Asih. Kegiatan ini bersumber dari Dana Desa sehingga dalam pelaksanaannya Bhabinkamtibmas Putat, Nanang Sugiyanto, S.H., turut melakukan monitoring.

Sebagai pemateri dalam acara yang dilaksanakan pagi hingga siang hari ini adalah Lingga, pegiatan UMKM dari Gamping Yogyakarta. Sebelum masuk sesi praktek, Lingga menyampaikan aturan mendasar dalam sebuah kemasan yang antara lain merek sebagai nama / identitas dari produk, kode produksi, bahan baku, dan beberapa unsur lainnya. Lingga juga memotivasi bahwa produk UMKM PMBK Sami Asih dapat berkembang dengan catatan dapat menyasar kalangan konsumen yang tepat dan dikemas dengan menarik.

Kamituwa yang turut hadir selaku perwakilan dari Pemerintah Kalurahan Putat sekaligus sebagai pembina lembaga PMBK Sami Asih beharap dengan kegiatan pelatihan pengemasan ini produk PMBK Sami Asih dapat dikembangkan baik dalam kegiatan produksi dan pemasarannya. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT