SIPEDET CANTIK SIAP MENDATA SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT

wahyun 13 Juni 2024 19:52:20 WIB

Putat (SIDA) – Bulan Juli 2024, semua kalurahan di Kabupaten Gunungkidul akan menghadapi Sipedet Cantik. Petugas telah direkrut dan dilatih selama dua hari. Petugas di Kapanewon Patuk termasuk Kalurahan Putat mengikuti pelatihan Kamis (13/06/2024) dan Jumat (14/06/2024). Apa itu Sipedet Cantik?

Sebagaimana yang tertulis dalam Buuku Pedoman Pendataan Sosial dan Ekonomi Kabupaten Gunungkidul 2024, disebutkan bahwa program membangun dari Desa hanya dapat berjalan dengan optimal jika didukung dengan ketersediaan data yang akuran dan valid. Tersedianya data berkualitas tersebut tentunya sangat dipengaruhi oleh kegiatan pengumpulan data yang harus sesuai dengan kaidah dan metode statistik.

Kegiatan pengumpulan data sosial dan ekonomi dengan menggunakan aplikasi Sistem Pendataan Desa Cinta Statistik (Sipedet Cantik) dalam kerangka kerja Desa Cinta Statistik merupakan upaya penyediaan data desa yang berkualitas dan komprehensif. Kegiatan ini didanai dari Dana Keistimewaan Yogyakarta.

Petugas setiap kalurahan sudah ditentukan pembagian wilayah kerja. Petugas tersebut akan mendatangi dari rumah ke rumah dan melakukan wawancara menanyakan sejumlah pertanyaan terkait informasi anggota keluarga dan keluarga. Masyarakat diharapkan dapat memberikan informasi yang sebenarnya sehingga data yang dihasilkan merupakan data yang berkualitas dan menghasilkan kebijakan yang tepat sasaran Ketika data tersebut digunakan menjadi dasar membuat kebijakan. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT