PELATIHAN FERMENTASI PAKAN TERNAK DI KALURAHAN PUTAT

wahyun 13 Juni 2024 19:51:04 WIB

Putat (SIDA) – Kantor Pertanahan Kabupaten Gunungkidul bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gunungkidul Kembali menyelenggarakan praktek pelatihan fermentasi pakan ternak dengan metode Silase pada Kamis (13/06/2024). Pelatihan kali ini ditujukan untuk para peternak di Kalurahan Putat sejumlah 20 orang dari Padukuhan Putat I dan Plumbungan.

Selain peternak, acara ini juga dihadiri oleh Dukuh Plumbungan dan Putat I serta Pemerintah Kalurahan Putat yang diwakili oleh Tumijan. Pelatihan dilaksanakan di halaman salah satu warga Heri Susiyanto, Padukuhan Putat I RT 30 RW 08 Putat Patuk.

Pelatihan ini diselenggarakan sebagai sebuah solusi dari masalah yang sering dialamai peternak saat musim kemarau yaitu langka atau susahnya mencari pakan untuk memberi makan ternak baik sapi atau kambing. Oleh karena itu, metode silase ini dirasa efektif dan sangat memungkinkan untuk dipraktekkan oleh para peternak. Disamping alat sederhana dan bahan yang mudah diperoleh, caranya pun sangat mudah untuk dipraktekkan.

Pakan yang telah terkumpul dicacah dengan menggunakan alat pencacah pakan. Sebelumnya telah dilarutkan molase, suplemen organik, dan air dalam sebuah wadah. Campuran tersebut diratakan ke pakan cacah bersama dengan dedak halus/katul dan dicampur rata. Kemudian pakan siap untuk dimasukkan ke dalam tong secara bertahap dan diinjak-injak agar udara keluar dan tidak terperangkap dalam tong. Setelah penuh pakan dapat ditutup rapat dan ditunggu selama 21 hari. Agar tidak gagal, tong tidak boleh dibuka selamaproses fermentasi berlangsung. [YN]

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT