RASULAN DI PADUKUHAN BATUR

Tari 12 Juni 2024 08:52:07 WIB

Putat (SIDA) – Padukuhan Batur mengadakan acara bersih dusun atau rasulan pada hari Senin (10/06/2024) di Joglo Batur. Acara bersih dusun biasanya diadakan dibulan besar pada penanggalan jawa dan pada hari senin pon. Bersih dusun Padukuhan Batur bersamaan dengan bersih dusun Padukuhan Bobung, Kepil dan Plumbungan.

Acara bersih dusun atau rasulan pada tahun ini di Padukuhan Batur hanya diadakan secara sederhana saja yang biasanya ada kirab gunungan dan pentas kesenian budaya. Karena berbagai pertimbangan dan berbagai hal maka kegiatan rasulan hanya diadakan secara sederhana yaitu kenduri bersama seluruh warga Padukuhan Batur baik Bapak-bapak, Ibu-ibu dan anak-anak semua ikut hadir dalam acra kenduri tersebut. Masyarakat Padukuhan Batur akan selalu menjaga adat tradisi yang sudah ada sejak jaman dahulu. Waluaupun hanya dirayakan sederhana namun terasa meriah dan sakral, maasyarakat memakai lurik dan jarik dan membawa sedekahan untuk kenduri yang ditaruh didalam tenggok dan digendong menuju ke Joglo Batur.

Acara juga dihadiri oleh Pamong Kalurahan Putat sehingga menambah suasana menjadi ramai dan sakral. Tahun depan rencana rasulan Padukuhan Batur akan dibuat yang lebih meriah lagi dari tahun ini.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT