PRAKTEK FERMENTASI PAKAN TERNAK DENGAN METODE SILASE

wahyun 05 Juni 2024 11:39:19 WIB

Putat (SIDA) – Sebagai tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi pembuatan fermentasi pakan ternak yang dilaksanakan Jumat (31/05/2024) lalu tiga petani dari Kalurahan Putat beserta Kamituwa mengikuti praktek pembuatan fermentasi pakan dengan metode silase pada Rabu (05/06/2024). Praktek pembuatan fermentasi pakan dilaksanakan di lokasi peternakan sapi di Kalurahan Nglegi.

Kegiatan ini merupakan bentuk pedampingan Kantor Pertanahan Kabupaten Gunungkidul dalam rangka Penanganan Akses Agraria Tahun 2024. Sebagai instrukur kegiatan yang diikuti oleh sebagian besar warga Kalurahan Nglegi ini adalah Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gunungkidul ini diselenggarakan.

Pakan yang telah terkumpul dicacah dengan menggunakan alat pencacah pakan. Sebelumnya telah dilarutkan molase, suplemen organik, dan air dalam sebuah wadah. Campuran tersebut diratakan ke pakan cacah bersama dengan dedak halus/katul dan dicampur rata. Kemudian pakan siap untuk dimasukkan ke dalam tong secara bertahap dan diinjak-injak agar udara keluar dan tidak terperangkap dalam tong. Setelah penuh pakan dapat ditutup rapat dan ditunggu selama 21 hari. Agar tidak gagal, tong tidak boleh dibuka selamaproses fermentasi berlangsung.

Kantor Pertanahan Kabupaten Gunungkidul bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gunungkidul juga berencana akan melaksanakan kegiatan serupa di Kalurahan Putat. Untuk pelaksaan selanjutnya akan dikoordinasikan dengan Kamituwa Putat. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

SURVEY KEPUASAN PENGUNJUNG