KKN ISI YOGYAKARTA ADAKAN PELATIHAN BATIK DI DESA PUTAT

Jk.Bl4ncir 09 Agustus 2017 19:35:03 WIB

Putat(SIDA)-Membatik bagi masyarakat atau konsumen hanya bisa menikmati hasil karya seninya berupa kain, pakaian atau kerajinan batik kayu. Mereka tidak tahu bagaimana proses pembuatannya, bahan-banhannya serta cara membatiknya. Sebagai bentuk pengenalan tentang batik proses membatik, KKN ISI Yogyakarta yang ditempatkan di Padukuhan Batur ini menjadikan kegiatan membatik ini sebagai salah satu programnya di Desa Putat yaitu Pelatihan Membatik kepada masyarakat.

Pelatihan tersebut diadakan pada hari Minggu, 6 Agustus 2017 pukul 13.00 WIB bertempat di Balai Padukuhan Batur. Peserta yang dilibatkan adalah ibu-ibu warga Padukuhan Batur dengan tujuan untuk pemberdayaan ibu rumah tangga agar ke depan bisa menjadi IRT yang produktif. Sarana dan prasarana dalam [elatihan seperti kain, malam, kompor, wajan dan canting disiapkan oleh KKN sehingga warga hanya tinggal datang mendengarkan, memperhatikan dan mempraktekan saja.

Bagi masyrakat di Padukuhan Batur sebenarnya sudah tidak asing dengan membatik namun perbedaanya adalah media yang digunakan yaitu mereka membatik kayu hasil kerajinan sebagian besar warga Batur yang notabene adalah perajin kayu seperti topeng, gantungan kunci dan lain sebagainya. Oleh karena itu membatik kain adalah sesuatu yang baru bagi mereka walaupun dasar-dasarnya sama dalam seni membatik ini.

"Ini adalah sesuatu yang baru bagi kami dan kami sangat berterimakasih pada KKN ISI Yogyakarta sehingga kami mengerti sekaligus mempraktekan membatik kain ini.“ Jelas Seni Lesatri sebagai salah satu peserta.

Ibu-ibu warga masyarakat Batur sendiri sangat antusias atas program tersebut. Hal ini terlihat dari perhatian mereka saat mendengarkan dan memperhatikan KKN ISI Yogyakarta tersebut saat menyampaikan materi serta memberikan contoh saat praktek kepada mereka.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT