LIMA PADUKUHAN MELAKSANAKAN MERTI DUSUN HARI INI

wahyun 03 Juni 2024 23:26:29 WIB

Putat (SIDA) – Lima padukuhan di Kalurahan Putat melaksanakan merti dusun atau rasul atau bersih dusun pada Senin legi (03/05/2024). Lima padukuhan tersebut adalah Putat II, Putat I, Putat Wetan, Gumawang, dan Sendangsari.

Merti dusun dilaksanakan dengan kegiatan kenduri rasul. Perwakilan setiap keluarga di padukuhan berkumpul di balai padukuhan dengan membawa paket makanan. Tingkat RT ibu-ibu juga memasak bersama dan disajikan dalam tempat yang disebut “jodang”. Seluruh makanan tersebut dibagikan kepada semua yang hadir dan dimasukkan dalam tempat yang disebut sarang. Sarang merupakan tempat makanan yang terbuat dari anyaman daun kelapa.

Merti dusun ini merupakan warisan adat yang dilaksanakan setiap tahun setelah musim panen. Avara ini sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat yang telah diberikan termasuk hasil panen para petani. “Selain menjadi ajang keguyupan warga, merti dusun sebagai bentuk syukur kepada Alloh SWT,” ujar Dukuh Putat II, Yasinta Ratnawati, A.Md.. “Dengan kesyukuran ini kita berdoa nikmat bertambah dan tentu saja barokah,” lanjutnya. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT