Omset Ratusan Juta, Bolu Kelapa Tebar Manfaat Untuk Masyarakat Putat

wahyun 03 Juni 2024 12:39:11 WIB

Putat (SIDA) – Omset kegiatan usaha kelompok Desa Prima Gumregah Kalurahan Putat yaitu produksi bolu kelapa dalam lima bulan di awal tahun 2024 ini selalu di atas 200 juta. Hal ini menjadi kesyukuran dan kebahagiaan bagi anggota Desa Prima yang semuanya dari kaum perempuan. Admin melaporkan omset untuk bulan Mei 2024 sebesar 233 juta.

Keuntungan yang diperoleh Desa Prima dari usaha Bolu Kelapa dibagi menjadi beberapa peruntukan dengan persentase yang telah ditetapkan bersama. Setelah dikurangi HPP, keuntungan dibagi untuk kepentingan alokasi membayar pajak tahunan, Pendapatan Asli Desa (PAD), biaya operasional, perawatan mesin, kas kelompok Desa Prima, dan persentase paling besar digunakan untuk pendapatan anggota Desa Prima yang ikut kegiatan produksi bolu kelapa.

Usaha produksi Bolu Kelapa membawa manfaat untuk masyarakat baik yang terlibat langung dalam proses produksi dalam bentuk pendapatan dan kesempatan berorganisasi, maupun masyarakat secara umum. Kemanfaatan tersebut antara lain; bahan baku pembuatan bolu kelapa sebagian dibeli dari usaha masyarakat Kalurahan Putat (telur ayam dan kelapa), masyarakat dapat memasarkan dengan mengambil keuntungan, anggota Desa Prima yang berhasil memasarkan akan mendapat komisi khusus, dan banyak kemanfaatan lainnya lainnya yang dirasakan dari kegiatan produksi bolu kelapa.[YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT