SEJUMLAH PETERNAK PUTAT IKUTI PENYULUHAN FERMENTASI PAKAN

wahyun 31 Mei 2024 12:19:29 WIB

Putat (SIDA) – Peternak di Kalurahan Putat sejumlah 15 orang mengikuti sosialisasi/Penyuluhan Fermentasi Pakan Ternak pada Jumat (31/05/2024). Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pendampingan yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Gunungkidul setelah sebelumnya telah dilakukan pemetaan sosial di Kalurahan Nglegi dan Kalurahan Putat. Selain warga masyarakat, Kamituwa sebagai pemegang bidang UMKM juga turut dihadirkan dalam acara yang dilaksanakan di Aula Kantor Kalurahan Nglegi ini.

Kegiatan yang dilaksanakan bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gunungkidul ini diselenggarakan dalam rangka Penanganan Akses Agraria Tahun 2024. Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan Kantor Pertanahan Kabupaten Gunungkidul menyampaikan dalam sambutannya bahwa pendampingan ini dimaksudkan untuk memaksimalkan penggunaan tanah yang telah dilegalkan melalui program PTSL selanjutnya dapat digunakan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan dengan salah satunya kegiatan beternak.

Selanjutnya pemateri dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gunungkidul menyampaikan ulasan tentang fermentasi pakan sebagai upaya keberlangsungan pakan ternak terutama saat musim kemarau dimana pakan sangat sulit dicari. “Caranya sangat mudah diimplementasikan, yang penting telaten saja” ujar pemateri sebagai pengantar yang kemudian dilanjutnya dengan penyampaian materi cara fermentasi pakan. Selain itu juga dijelaskan cara pemberian pakan yang benar agar hewan ternak dapat tumbuh dan berkembang biak dengan optimal.

Setelah sosialisasi ini direncanakan akan ada kegiatan lanjutan yaitu praktik pembuatan fermentasi pakan ternak dengan metode Silase. Praktek rencana akan dilaksanakan 5 Juni 2024 mendatang. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT