PEMBERSIHAN DAN PENGOLAHAN LAHAN PROGRAM KETAHANAN PANGAN

wahyun 22 Mei 2024 14:03:17 WIB

Putat (SIDA) – Dalam rangka persiapan program ketahanan pangan tahun 2024 TPK telah melakukan pembersihan dan pengolahan sebagai tahapan persiapan lahan. Lahan perlu diolah terlebih dahulu sebelum ditanami tanaman sayuran sebagai mana rencana, dikarenakan tanah tersebut telah lama terbengkalai setelah digunakan untuk perkebunan tebu selama bertahun-tahun. Untuk mengefektifkan tenaga dan waktu pembersihan dan pengolahan dilakukan dengan menggunakan alat berat.

Tanah yang dugunakan untuk program ketahanan pangan adalah tanah lungguh milik Lurah Putat, Rusbandi. Tanah yang terletak di samping SMP N 3 Patuk ini dengan luas hamper 2 hektare ini akan digunakan untuk penanaman sayuran yang akan dikelola oleh kelompok yang ada di padukuhan dan beberapa keluarga miskin.

Selain untuk pemberdayaan masyarakat dan Upaya pemenuhan gizi masyarakat program ini juga ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin dengan usaha bercocok tanam. Tanah dipinjami oleh Pemerintah Kalurahan dan modal awal yang digunakan untuk penanaman tahap pertama juga disediakan oleh pemerintah kalurahan.

Program ini sepenuhnya bersumber dari Dana Desa. Tahap persiapan lahan ditargetkan akan selesai pada bulan Juli 2024 sebelum musim penghujan tiba. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT