MENCEGAH STUNTING, PEMERINTAH PUTAT AGENDAKAN BINA KELUARGA BALITA

wahyun 18 Mei 2024 13:07:18 WIB

Putat (SIDA) – Pemerintah Kalurahan Putat menyelenggarakan Bina Keluarga Balita (BKB) pada Sabtu (18/05/2024). Kegiatan ini menyasar orang tua balita yang ada di Kalurahan Putat dengan tujuan untuk memberikan ilmu dan pemahaman dalam mendampingi tumbuh kembang balita baik dalam hal pemberian gizi dan pola asuhnya. BKB ini sebagai salah satu upaya Pemerintah Kalurahan Putat mencegah dan menanggulangi stunting yang sampai saat ini masih menjadi masalah di tengah masyarakat.

Agenda yang menjadi bidang Kamituwa ini dilaksanakan di Balai Budaya Kalurahan Putat dan dihadiri oleh 30 orang tua baik ibu ataupun ayahnya. Acara ini semakin semarang dengan kehadiran para balita yang turut diajak serta. Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala Puskesmas Patuk II, drg. Sri Wisyastuti, dan Bidan Siti Rahmawati, Amd.Keb.

Dalam materinya drg. Sri Widyastuti menyampaikan sesuai basic keilmuwannya yaitu tentang kesehatan gigi. Beberapa hal yang dijelaskan adalah jika sampai usia satu tahun anak belum tumbuh gigi maka bisa diperiksakan ke dokter gigi dan periksa gigi tidak harus menunggu gigi sakit melainkan rutin 6 bulan sekali. “Sebisa mungkin anak juga dijaga dari penggunaan dot yang isinya susu,” jelasnya. “Susu yang mengendap dalam gigi dalam waktu lama berpotensi tumbuhnya kuman bakteri yang dapat menyebabkan gigi sakit dan rusak,” imbuhnya.

Materi kedua disampaikan oleh Bidan Siti Rahmawati, Amd. Keb.. Materi yang disampaikan terkait dengan ilmu yang sebenarnya telah tertulis dalam buku KIA yaitu pola asuh sesuai dengan usianya. Hal yang digarisbawahi adalah jangan berikan gudget untuk anak dibawah satu tahun kecuali untuk video call dan batsan waktu menatap monitor HP untuk anak usia di atasnya. “Itu pun harus ditungui,” tegasnya. “Jika anak banyak terpapar HP akan mempengaruhi kemampuan dalam komunikasi,” lanjutnya. [YN]  

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT