SKRENING GDS PUSKESMAS PATUK II UNTUK PAMONG PUTAT

wahyun 18 Mei 2024 13:05:57 WIB

Putat (SIDA) – Dalam rangka untuk meningkatkan capaian skrening kesehatan usia produktif dan memperhatikan ketersediaan BMHP stick gula darah yang sudah terdistribusi ke Puskesmas, Puskesmas Patuk II melaksanakan kegiatan skrening GDS di berbagai instansi yang berada di wilayah Puskesmas Patuk II, termasuk Pemerintah Kalurahan Putat. Skrening yang diikuti oleh lurah dan pamong Pemerintah Kalurahan Putat dilaksanakan pada Jumat (17/05/2024). Pemeriksaan dilakukan di ruang dukuh.

Dalam skrening ini ada empat tenaga kesehatan dari Puskesmas Patuk II yang terdiri dari bidan, dokter, dan programmer kejiwaan. Pamong dilakukan pengukuran tekanan darah sembali cek gula darah. Setelahnya pamong diminta mengisi form skrening kesehatan jiwa yang berisi tiga puluh pertanyaan. Bagi pamong yang membutuhkan konsultasi atau mempunyai keluhan lebih lanjut ada dokter yang siap memberikan pelayanan.

Dengan kegiatan skrening ini, dapat diantisipasi Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti hipertensi, diabetes, kolesterol, dan PTM lainnya. Selain itu dengan pengisian skrening kesehatan jiwa akan terdeteksi apakah ada kondisi yang menjadi potensi masalah kejiwaan. Baik masalah PTM ataupun kejiwaan jika tidak  terdeteksi dan ditindaklanjuti sedini mungkin dapat menyebabkan akibat fatal bagi penderitanya. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT