DISNAKERTRANS DIY MEMBERIKAN SOSIALISASI PADAT KARYA PENGEMBANGAN POTENSI DESA UNTUK PUTAT WETAN

wahyun 23 April 2024 16:40:50 WIB

Putat (SIDA) – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Sosialisasi Padat Karya Pengembangan Potensi Desa Tahun 2024 pada Selasa (23/04/2024). Acara yang dilaksanakan di Aula Kalurahan Putat ini dihadiri Lurah, tiga pamong Kalurahan Putat, tiga perwakilan dari LPMK, dan yang paling banyak adalah warga Padukuhan Putat Wetan sebagai wilayah sasaran dari kegiatan penganggaran Dana Keistimewaan ini.

Kegiatan yang dilaksanakan siang hari ini merupakan tindak lanjut dari pengajuan proposal yang ditujukan kepada dewan. Lurah Putat, Rusbandi, dalam sambutannya berharap dengan kesempatan baik yang diberikan kepada Kalurahan Putat khususnya Padukuhan Putat Wetan ini dapat menjadi awal berkembangnya potensi wilayah.

Materi pertama diberikan oleh DPRD DIY, Gimmy Rusdin, S, S.E. yang diwakili calon anggota DPRD Kabupaten terpilih dari Dapil II termasuk Kapanewon Patuk, Mega Nusantara Wati. Dalam materinya dijelaskan ketugasan DPRD yang utamanya adalah untuk menyampaikan suara dan kebutuhan rakyat sehingga pemerintah tepat dalam melaksanakan program-program.

Materi kedua disampaikan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Misgiyanto. Dalam kesempatan ini dijelaskan secara teknis baik konsep, tujuan, dan pelaksanaan kegiatan. “Program padat karya ini tujuan utamanya untuk mengurangi pengangguran sehingga persentase untuk tenaga kerja akan dialokasikan lebih besar dibanding program kegiatan lainnya,” jelasnya.

Materi terakhir disampaikan oleh Arief Hidayat S.E. dan Rommy Heriyanto, dari Komunitas Hijau yang membahas tentang Pengembangan Potensi Desa. Ada beberapa kesimpulan yang disampaikan, yaitu wilayah harus mengenali diri sendiri dan potensinya, harus mempunyai perencanaan dan konsep yang jelas dalam pengembangan potensi, dan harus pro aktif agar dapat mengakses dana-dana dari pemerintah. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

SURVEY KEPUASAN PENGUNJUNG