GERTAK PSN DI GUMAWANG

wahyun 19 April 2024 10:19:30 WIB

Putat (SIDA) – Menindaklanjuti munculnya kasus Demam Berdarah di Padukuhan Gumawang sebanyak tiga kasus, Puskesmas Patuk II menginisiasi Gertak PSN (Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk) Lintas Sektor pada Jumat (19/04/2024).

Adapun pihak yang terlibat dalam agenda yang dimulai pukul 08.00 pagi ini adalah Puskesmas Patuk II, Bhabinkamtibmas Putat, Babinsa putat, Pemerintah Kalurahan Putat, Kader Kesehatan, Pemangku Padukuhan Gumawang dan masyarakat sekitar. Kegiatan difokuskan membersihkan lingkungan yang berpotensi menjadi sarang dan tempat bertelur nyamuk.

Tim dari Puskesmas Patuk II yang dibantu oleh empat mahasiswa KKN PPM UGM Fakultas Kedokteran menyisir rumah di sekitar munculnya kasus DB sebanyak 15 rumah. Dari sampel yang diambil ini didapatkan 9 dari 15 rumah positif terdapat banyak jentik nyamuk pada air yang menggenang.

Petugas kesehatan dari Puskesmas Patuk II, Gunawan, sebagai programer kesehatan lingkungan memberikan edukasi kepada masyarakat yang turut kerja bakti untuk memantau lingkungan secara rutin. “Telur nyamuk menetas 6 sampai 9 hari, sehingga untuk mencegahnya ibu-ibu dapat menyisir lingkungan dan membuang genangan air,” jelasnya. “Untuk tempat yang tidak bisa dikuras dapat menggunakan Abate,” imbuhnya. Dalam kesempatan ini Puskesmas Patuk II juga memberikan Abate memalui Dukuh Gumawang agar dapat diakses masyarakat. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

SURVEY KEPUASAN PENGUNJUNG