TRADISI BESIK MENJELANG HARI RAYA IDUL FITRI

Tari 05 April 2024 09:03:52 WIB

Putat (SIDA) – Tradisi masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri salah satunya adalah ‘besik’ artinya yaitu membersihkan area pemakaman. Di hari Jumat (05/04/2024) warga Padukuhan Batur, Bobung dan Plumbungan membersihakan area pemakaman di makam Plumbungan karena ketiga Padukuhan itu mempunyai area makam yang sama atau tempat pemakaman menjadi satu.

Kegiatan besik sudah sejak dulu dan sampai sekarang masih dilaksanakan. Tujuannya adalah untuk membersihkan sampah dan rumput yang tumbuh di area pemakaman, jadi kalau ada yang melakukan ziarah keluarga yang sudah meninggal maka kuburannya sudah bersih. Dan juga karena menjelang idul fitri yang artinya kembali suci maka untuk menghormati sanak saudara yang sudah meninggal maka dilakukanlah kegiatan besik tersebut.

Bukan hanya di makam Plumbungan tapi seluruh makam yang ada biasanya dilakukan besik setiap menjelang hari raya idul fitri. Masyarakat Padukuhan Batur, Bobung dan Plumbungan menentukan hari besik setiap hari jumat terakhir di bulan ramadhan. Kegiatan besik dilakukan jumat pagi sekitar pukul 07.00 wib dan pukul 08.00 wib sudah selesai karena dikerjakan secara bersama-sama.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT