MUNCUL KASUS DB, PUSKESMAS PATUK II LAKUKAN FOGGING

wahyun 16 Maret 2024 06:53:53 WIB

Putat (SIDA) – Menindaklanjuti kasus Demam Berdarah  (DB) yang muncul di Padukuhan Gumawang, Puskesmas Patuk II melakukan pengasapan / fogging pada Sabtu (16/03/2024). Fogging  adalah salah satu cara yang masih dinilai efektif untuk membunuh nyamuk Aedes agypti dewasa.

Tujuannya adalah untuk membunuh sebagian besar nyamuk yang infektif dengan cepat. Di samping memutus rantai penularan, juga menekan jumlah nyamuk agar risiko penyakit DBD juga menurun. “Meskipun acara paling efektif dlaam pencegahan adalah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN),” terang Kamituwa mengulang apa yang pernah disampaikan Kepala Puskesmas Patuk II saat pertemuan Kader KB/Kesehatan beberapa waktu lalu.

Fogging dilakukan pada area 100 m ke berbagai arah dari rumah warga yang terjangkit DB. “Total semua ada 15 rumah yang difogging,” Terang Bhabinkamtibmas Putat, Nanang Sugiyanto, S.H., yang pagi ini juga turut monitor pelaksanaan fogging.

Sebelum pelaksanaan fogging pada Sabtu pagi sekitar pukul 06.00 WIB, Puskesmas Patuk II melalui programmer kesehatan lingkungan berkooridnasi dengan Kamituwa dan Dukuh Gumawang untuk menginfokan kepada masyarakat dan mempersiapkan beberapa hal. Antara lain, mengamankan makanan dan logistik, memastikan sumber api seperti kompor dan listrik dalam kondisi off, dan siap keluar rumah saat fogging dilaksanakan.[YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

SURVEY KEPUASAN PENGUNJUNG