POSYANDU REMAJA DIBENTUK, LANGSUNG AGENDAKAN PELATIHAN

01 Agustus 2017 17:53:21 WIB

Putat (SIDA)- Posyandu Remaja yang menjadi program inovasi Puskesmas Patuk II dan Desa SIAGA Putat berhasil dibentuk pada hari Senin, 8 Mei 2017 bertempat di Joglo Puratama Wisata Bobung para Petugas dari Puskesmas Patuk II selepas jam kerja yaitu pukul 16.00 WIB bersama Pengurus Desa SIAGA mengadakan pertemuan untuk membentuk Pengurus Posyandu Remaja.

Bobung dipilih sebagai tempat pelaksanaan karena memiliki sarana gedung yang luas serta berdampingan dengan Balai Pengobatan tempat pelayanan kesehatan Puskesmas Patuk II. Remaja di Padukuhan Bobung dan Batur pun dipilih sebagai sampel pembentukan Posyandu Remaja dengan berbagai pertimbangan diantaranya kedua padukuhan tersebut memiliki remaja yang cukup banyak dan kebanyakan berkatifitas di rumah.

“Batur dan Bobung kita sepakati menjadi sampel dengan berbagai pertimbangan. Dan itu juga sudah sepakat dengan Desa SIAGA Putat. Untuk PIKR sendiri sudah berada di Plumbungan sehingga kita mencoba melebarkan sasaran remaja potensialnya.” Jelas Andi Giyatno selaku pelaksana Gizi di Puseksmas Patuk II.

Posyandu Remaja ini menjadi kegiatan yang lengkap, baik dari Bidan, Perawat, Promkes, Gizi dan Lingkungan. Sehingga menjadi satu kesatuan Tim dari Puskesmas Patuk II.

“Ini yang mejadi apresiasi dari Pemerintah Desa Putat pada teman-teman dari Puskesmas Patuk II. Mereka sangat kooperatif dan rajin bekerja. Ini sudah di luar jam kerja mereka dan entah darimana mereka memiliki dana untuk kegiatan ini.” Jelas Tumijan selaku Sekretaris Desa SIAGA.

Setelah ditelusuri oleh Juni selaku Ketua Desa SIAGA perihal asal usul anggaran kegiatan tersebut justru menjadikan kejutan dan kebanggaan yang luar biasa atas keikhlasan para petugas di Puskesmas Patuk II.

“Anggaran ini berasal dari Honor Narasumber selama melaksanakan kegiatan Desa SIAGA beberapa waktu yang lalu. Ternyata mereka menerima namun tidak digunakan secara pribadi sesuai hak mereka, tapi mereka kumpulkan menjadi kas untuk kegiatan ini. Luar biasa pengabdian teman-teman dari Puskesmas Patuk II.” Ungkap Juni dengan keheranan.

Dalam pertemuan tersebut Tim Pelaksana dari Puskesmas Patuk II yang didampingi Ketua Desa SIAGA dan Sekretarisnya mengawali pertemuan dengan sambutan dan pengarahan mengenai tujuan dari pembentukan Posyandu Remaja dan dilanjutkan dengan pembentukan pengurus.

Setelah proses awal tersebut selesai, Tim kemudian melanjutkan dengan melakukan pengisian kuesioner dan pengkuruan berat badan, tinggi badan, dan lingkar lengan bagi seluruh remaja yang hadir. Sedangkan khusus remaja puteri dilanjutkan dengan tes HB.

Praktek ini bertujuan untuk memberikan gambaran singkat lingkup tugas dari Posyandu Remaja ke depan. Sehingga diharapkan praktek tersebut menjadi motivasi tersendiri bagi remaja.

Dalam pertemuan tersebut juga disepakati akan segera diadakan pelatihan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 13 dan 14 Mei 2017.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT