SOSIALISASI KELAPA KOPYOR KELOMPOK TANI NGUDI RAHARJO PADUKUHAN BATUR

Tari 31 Oktober 2023 10:31:07 WIB

Putat (SIDA) – Kelompok Tani Ngudi Raharjo Padukuhan Batur bekerjasama dengan PT Berkah Kopyor Abadi mengadakan sosialisasi tentang kelapa kopyor di Joglo Batur pada hari Senin (30/10/2023). Acara dihadiri oleh warga Padukuhan Batur yang menjadi Kelompok Tani Batur.

Kelompok Tani Ngudi Raharjo Batur menjadi mitra dari PT Berkah Kopyor Abadi untuk penanaman bibit kelapa kopyor sebagai program ketahanan pangan bagi masyarakat. Kerjasama atau kontrak dengan PT Berkah Kopyor Abadi selama 20 tahun. Bibit kelapa kopyor yang akan ditanam nantinya akan mendapatkan pengawasan dari PT Berkah Kopyor Abadi selama 36 bulan atau sampai kelapanya berbuah. Apabila bibit yang ditanam itu mati maka akan diganti oleh pihak PT begitu juga dengan bibit yang stunting atau tidak dapat berkembang juga akan mendapatkan ganti dari PT.

Setelah kelapa berbuah nantinya akan dibeli oleh PT dan tidak boleh dijual ke penjual lain. Kelapa yang kopyor maupun yang tidak nantinya akan dibeli oleh PT. Masyarakat yang menanam kelapa kopyor harus merawat kelapa tersebut walaupun mendapatkan pendampingan selama 3 tahun dari PT. Namun perawatan tetap masyarakat yang mempunyai peran utama. Kelapa kopyor bisa menjadi investasi bagi anak cucu nantinya karena akan selalu berbuah setiap waktu. Selain dijual nantinya kelapa kopyor juga dapat dimanfaatkan atau dikonsumsi sendiri.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT