PEMBENTUKAN POKJA DAN BIMTEK SDGs 2023

wahyun 25 Oktober 2023 13:02:47 WIB

Putat (SIDA) - Rabu (25/10/2023) Pemerintah Kalurahan Putat melaksanakan pembentukan pokja dan bimtek pendataan SDGs 2023. Acara yang dilaksanakan di Aula Kalurahan Putat ini dihadiri oleh 40 pendata/enumerator yang merupakan kader kesehatan dari sembilan padukuhan. Satu RT diwakili oleh satu kader. Sebagian merupakan pendata yang pada 2021 juga turut kegiatan pendataan SDGs, sehingga akan mempermudah dalam pelaksanaan bimtek yang dilaksanakan pagi hari ini. Pada acara yang merupakan program dana desa ini dihadiri oleh Pendamping Desa, tenaga ahli dari kabupaten sebagai narasumber, dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa dalam rangka monitoring kegiatan.

Pendamping Desa yang biasa dipanggil Pak Nusa memberikan pengantar singkat sebelum masuk ke materi inti. "Secara sederhananya SDGs ini adalah pendataan untuk pembangunan yang berkelanjutan," jelasnya. "Berbeda dengan tahun 2021 lalu, pendataan tahun ini hanya melengkapi saja babik individu atau kepala keluarga yang pada 2021 belum terdata atau belum masuk dalam sistem," lanjutnya.

Selanjutnya narasumber utama, Suryanto, yang merupakan tenaga ahli dari Kabupaten Gunungkidul memberikan pelatihan teknis pengisian form dan memberi penjelasan pada bagian-bagian yang belum dipahami peserta bimtek. Form pendataan yang akan dikerjakan oleh enumerator terdiri dari pendataan RT, kepala keluarga, dan individu.

Kamituwa selaku pemegang bidang kegiatan pendataan SDGs mendata jumlah individu dan KK yang ada di masing-masing RT dan membandingkannya dengan jumlah KK dan individu yang sudah terinput dalam sistem. "Form akan kami gandakan sejumlah kekurangan dari masing-masing RT," ujarnya. "Form dan daftar KK serta individu yang sudah masuk dalam sistem akan kami siapkan dana akan kami sampaikan lewat dukuh," lanjutnya. [YN]

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

SURVEY KEPUASAN PENGUNJUNG