PBI ADAKAN SARASEHAN EKONOMI

20 Juli 2017 23:51:19 WIB

Putat (SIDA)-Permata Bangsa Indonesia (PBI) mengadakan kegiatan Sarasehan Membangun Kemandirian Ekonomi Bangsa di Desa Putat pada hari Senin, 17 Juli yang lalu. Sarasehan yang mengambil tema Membangun Kemandirian Bangsa dengan Pengembangan Wirausaha Mandiri yang Berwawasan Kebangsaan di Wilayah Kabupaten Gunungkidul ini menghadirkan narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM Gunungkidul, Kodim Gunungkidul serta Dosen dari APMD Yogyakarta.

Sarasehan yang diselenggarakan oleh PBI yang bekerja sama dengan Direktur Organisasi Kemasyarakatan, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia tersebut mengundang Kepala Desa beserta Perangkat Desa Putat serta para pelaku usaha ekonomi mikro yang berbasis kelompok maupun perorangan.

Sarasehan tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi bagi para pelaku usaha ekonomi mikro untuk selalu konsisten dalam berusaha serta menjalankan usaha sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku secara mandiri. Diharapkan dari sektor usaha mikro tersebut para pelaku usaha bisa menciptakan lapangan pekerjaan atau setidaknya memberikan kesempatan bekerja bagi tetangga yang belum mendapatkan perkerjaan. Atau justru bersama-sama membangun usaha mikro tersebut menjadi usaha yang menjanjikan masa depan.

Dalam dukungan bagi perkembangan usaha mikro di Desa Putat dan desa lainnya, Kepala Desa dan juga Camat Patuk selalu mengutamakan produk unggulan lokal sebagai menu dalam setiap kegiatan di desa maupun kecamatan. Tidak diperkenankan menu yang disajikan bukan hasil olahan warga Patuk, meskipun hal tersebut bukan sebagai larangan.

“Biasanya Pak Ambar tidak kerso dhahar kalau sajian snacknya bukan olahan lokal. Beliau selalu bertanya, ini produk mana. Apalagi snack yang jelas kelihatan bukan produk lokal.” Jelas Juni salah satu peserta sarasehan.

Pemerintah Desa Putat melalui APBDesa juga sudah sering memberikan alokasi anggaran pemberdayaan untuk pelatihan usaha ekonomi mikro. Belum lama ini juga telah menerima pelatihan dari Dinas Sosnakertrans Gunungkidul sebelum dinas itu dipisah. Hal ini diharapkan semakin memantapkan niat wirausahawan di Desa Putat untuk konsisten dengan usahanya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT