TRADISI SEDEKAHAN MULUDAN WARGA PADUKUHAN BATUR

Tari 29 September 2023 09:06:34 WIB

Putat (SIDA) – Masyarakat Padukuhan Batur pada hari Kamis (28/09/2023) memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW atau yang disebut dengan tradisi muludan di Joglo Batur. Perayaan maulid nabi yaitu dengan kenduri sedekahan muludan yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya.

Tradisi sedekahan muludan sudah ada sejak jaman wali songo dan masih dilestarikan sampai sekarang oleh warga Padukuhan Batur. Warga membawa makanan berupa nasi beserta lauk pauknya yang ditaruh di dalam nampan dan dibungkus dengan taplak meja. Makanan yang dibawa dikumpulkan di tengah Joglo kemudian akan didoakan oleh rois dan selanjutnya setelah didoakan makanan tersebut akan dimakan bersama-sama oleh seluruh warga yang mengikuti kenduri tersebut. Acara kenduri sedekahan muludan biasa dilakukan setelah sholat dzuhur.

Kenduri tersebut merupakan wujud rasa penghormatan hari kelahiran Nabi Muhammad yaitu pada tanggal 12 Robiul awal Tahun Gajah. Dan juga dengan kenduri bersama dapat menyambung rasa silaturahmi dan kebersamaan dalam bermasyarakat. Diharapkan tradisi ini dapat dijaga dan dilestarikan terus-menerus sampai anak cucu nanti. Tradisi muludan ini bukan hanya dilaksanakan oleh warga Padukuhan Batur saja namun seluruh warga Kalurahan Putat dan seluruh umat muslim pasti merayakan tradisi tersebut. Selain dengan kenduri biasanya untuk memperingati Maulid Nabi diisi dengan pengajian-pengajian.

Dokumen Lampiran : TRADISI SEDEKAHAN MULUDAN WARGA PADUKUHAN BATUR


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT