MMD KALURAHAN PUTAT 2023

wahyun 01 September 2023 18:52:42 WIB

Putat (SIDA) - Jumat (01/09/2023) Puskemas Patuk II menyelenggarakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Kalurahan Putat. Agenda rutin tahunan ini dilaksakanan di Aula Kalurahan  Putat.

Acara yang dihadiri oleh Lurah yang diwakili carik,  dukuh, Bamuskal, Bhabinkamtibmas, dan perwakilan kader ini merupakan agenda untuk menyampaikan hasil SMD (Survey Mawas Diri) yang telah dilakukan oleh kader beberapa waktu lalu. Dalam SMD kader mengambil sampel 40 rumah tangga secara acak. Dari SMD ini akan diketahui permasalahan kesehatan dari setiap sembilan padukuhan di Kalurahan Putat. Di forum yang juga dihadiri oleh Kepala Puskesmas Patuk II ini dilakukan musyawarah dan analisis bersama terkait sebab masalah muncul dan solusi dari tiga masalah terbesar yang muncul. Secara perhitungan hasil SMD tingkat kalurahan diketahui bahwa yang menjadi tiga masalah kesehatan terbesar di Kalurahan Putat adalah merokok, limbah cair, dan sampah.

Dalam sambutannya Kepala Puskesmas Patuk II, Drg Sri Widyawati, menyampaikan bahwa dengan adanya MMD ini kita dapat mengetahui permasalahan apa sebenarnya yang ada di masyarakat dan bagaimana kita mengatasinya. "Jadi masyarakat juga turut aktif dalan menciptakan lingkungan dan kehidupan yang sehat," tegasnya. "Dari masyarakat, bersama masyarakat, dab untuk masyarakat," imbuhnya.

Kamituwa memaparkan hasil SMD yang telah dilakukan Puskesmas. Dari hasil SMD dapat dilihat bahwa dari 40 sampel rumah tangga yang diambil dari setiap padukuhan, disimpilkan lebih banyak rumah tangga yag masuk kategori tidak sehat. Indikasi rumah tangga sehat adalah rumah tangga yang dapat memenuhi 13 indikator SMD.

Untuk mengatasi masalah kesehatan yang ada di tengah masyarakat ini, Pemerintah Kalurahan Putat bersama Bamuskal dan Dukuh selaku pemangku wilayah padukuhan berupaya akan melaksanakan edukasi di tengah masyarakat dan merencanakan beberapa kegiatan. Diantaranya menciptakan Kawasan Tanpa Rokok dengan pembuatan pojok rokok dan dukungan untuk membuat SPAL. Dukuh dah kader juga diharapkan bisa menggerakkan masyarakat untuk kerja bakti secara bergantian membuat lubang untuk pembuatan SPAL. [YN]

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT