KIRAB RASULAN PADUKUHAN BATUR

Tari 27 Juni 2023 10:10:53 WIB

Putat (SIDA) – Padukuhan Batur mengadakan acara bersih dusun atau rasulan pada hari Senin pon (26 Juni 2023) di Joglo Batur. Acara bersih dusun dengan mengadakan kirab gunungan. Acara dhadiri oleh Dinas Kabudayaan Kundo Kabudayan Kabupaten Gunungkidul, Kepala Budaya Kapanewon Patuk, Polsek Patuk dan Pemerintah Kalurahan Putat.

Acara kirab dimulai dari halaman Masjid Al Muttaqin dan berakhir di Joglo Batur. Peserta Kirab diantaranya Bergada Kelana Cipto Wening, penggotong gunungan, Reog dan pengombyong. Pengombyong terdiri dari bapak dan ibu-ibu dari masing-masing RT dengan menggunakan pakaian lurik. Acara kirab berjalan lancar, ibu-ibu pengombyong menggendong tenggok (wadah yang terbuat dari bamboo) yang berisi nasi beserta lauk pauknya dan membawa sarang (tempat makanan yang dibuat dari pelepah pohon kelapa).

Rasulan atau bersih dusun merupakan wujud rasa syukur masyarakat Padukuhan Batur yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan hasil panen yang melimpah kepada masyarakat. Acara puncaknya yaitu kenduri yang mana setelah semua warga sampai di Joglo dan semua makanan yang di bawa dijadikan satu dalam satu wadah yang besar dan selanjutnya kenduri di ikrarkan oleh rois setempat. Setelah itu makanan ditaruh di dalam sarang tadi dan dibagikan kepada seluruh warga yang hadir dalam acara tersebut. Acara berjalan dengan lancar dan meriah.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT