RAPAT PERSIAPAN PEMBINAAN DESA WISATA PIWK KECAMATAN PATUK

Jk.Bl4ncir 13 Juli 2017 20:19:29 WIB

Putat (SIDA)-Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan rapat Persiapan Pembinaan Desa Wisata PIWK Kecamatan Patuk pada hari Kamis 14 Juli 2017 di Desa Wisata Jelok. Acara yang dimulai pada pukul 13.00 WIB tersebut dihadiri oleh Ely Martono selaku Kabid. Pembinaan dan Kelembagaan beserta Tim, Camat Patuk yang dalam hal ini diwakilili oleh Ruswanta,SH. selaku Kasi Kesos, Kepala Desa yang akan menerima Program PIWK di Kecamatan Patuk termasuk Sukardi selaku Kepala Desa Putat dan 10 Pengurus Pokdarwis.

Sesuai dengan PIWK atau Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan di Kecamatan Patuk, dalam sambutannya Ely Martono dari Dinas Priwisata mengatakan bahwa di Kecamatan Patuk ini akan dilaksanakan pembinaan kepada 10 Desa Wisata yang tersebar di berbagai Desa di Kecamatan Patuk dan kesepuluh Desa Wisata tersebut dilakukan pembinaan karena memang ada potensi akan tetapi belum tertata dan bahkan ada yang mati suri. Maka Dinas Pariwisata dalam pembinaan ini tidak mengikutsertakan Desa Wisata yang memang sudah besar dan maju seperti di Nglanggeran yang notabene memang sudah terkenal dan sudah juara, kalo di Desa Putat ada Bobung yang sudah maju dan tertata.

”Kami mengharapkan kepada teman teman pengelola wisata atau Pokdarwis yang hadir ini untuk bisa mengikuti pembinaan yang akan kami laksanakan ini dengan sebaik baiknya” jelasnya.

Dari kesepuluh destinasi wisata tersebut akan dimulai dengan 3 tempat di bulan Juli ini yaitu Gogor Park dan Nawing di Desa Salam serta Jurug Tamansari di Desa Semoyo. Dan 7 sisanya akan dilaksanakan pada bulan Agustus termasuk  Kampung Emas Plumbungan, Banyunibo Batur dan Kebun Buah Watu Joglo Kepil yang berada di Desa Putat.

Pembinaan akan menghadirkan narasumber dari Dinas Pariwisata dan Akademisi dan berisikan berbagai materi tentang kepariwisataan yang antara lain Paket Wisata, kelembagaan desa wisata, promosi, pengembangan obyek wisata dan lain sebagainya. Dan dalam pembinaan nantinya diharapkan setiap tempat atau destinasi wisata bisa menghadirkan 30 orang untuk mengikuti pembinaan ini dan orang-orang tersebut sebisa mungkin memang harus sedikit banyak tahu tentang wisata dan mau dengan rela untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di wilayahnya.

Dalam kesempatan itu pula Camat Patuk melalui Ruswanta,SH. menghimbau supaya nantinya kuliner-kuliner yang ada di destinasi wisata tersebut adalah produk lokal dan bukan buatan pabrik supaya produk-produk lokal tersebut bisa dikenal dan laku sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT