VERVAL KIS APBD OLEH IRDA KABUPATEN GUNUNGKIDUL

wahyun 04 April 2023 17:02:04 WIB

Putat (SIDA) – Selasa (4/04/2023) Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul mengagendakan pemeriksaan berupa verifikasi dan validasi penerima bantuan KIS APBD Gunungkidul di Kalurahan Putat. Beberapa hari sebelumnya Pemerintah Kalurahan Putat mendapat informasi bahwa Putat mewakili sebagai sampel pemeriksanaan datan penerima bantuan kesehatan ini.

Pemeriksaaan dilaksanakan dengan menghadirkan dukuh dari sembilan padukuhan di Kalurahan Putat selaku pemangku wilayah padukuhan. Sebelumnya para dukuh sudah menerima daftar nama yang harus dicermati apakah warga tersebut masih hidup, pindah, berubah status pekerjaan menjadi ASN, ditanggung pemberi kerja (pabrik/perusahaan), dan ganda. Di agenda yang dilaksananakan di Balai Kalaurahan Putat ini para dukuh tinggal menyampaikan hasil pencermatan kepada pegawai inspektorat yang betugas yaitu Hugo D. Indriatmojo, SE., Rimbang Sulistio P., SE., dan Widodo, SIP.

Sebelum para dukuh menghadap petugas inspektorat secara bergantian, Rimbang Sulistio P., SE. memberikan sambutan sebagai pengantar. Hasil pemeriksanaan oleh BPK menghasilkan bahwa banyak data penerima bantuan KIS yang ditemukan sudah meninggal bahkan ada yang telah meninggal dalam jangka waktu yang lama namun tidak terlaporkan dikarenakan keluarga tidak mengurus akta kematian. Kondisi ini mengakibatkan pemerintah harus membayar premi jaminan kesehatan untuk masyarakat yang telah meninggal tersebut dan hal ini menyebabkan pemerintah daerah mengalami kerugian. Tindak lanjut drai temuan ini Pemerintah Daerah melalui isnpektorat daerah melakukan pengecekkan langsung ke lapangan.

Rimbang Sulistio P., SE. juga berpesan kepada pemerintah kalurahan dan para dukuh untuk mengedukasi warga untuk tertib adminduk. “Jika ada keluarga yang meninggal diarahkan untuk langsung mengurus akta kematian,” tegasnya. “Telebih jika kalurahan sudah ada perjanjian kerja sama dengan dukcapil, akta kematian bahkan bisa langsung diserahkan sebelum jenazah dimakamkan,” imbuhnya. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT