KREATIF, USAHA DANA TUNAS KARYA

Lian 30 Maret 2023 18:41:03 WIB

Putat (SIDA) - Tunas Karya, muda-mudi Karang Taruna Bobung ini cukup kreatif dalam mengupayakan dana kas. Tengah bulan lalu Tunas Karya memanen sereh yang meraka tanam sejak beberapa bulan lalu di tanah kas desa yang terletak di sebelah barat Padukuhan Bobung RT 007. Hasil panen tersebut tentunya mereka lelang terlebih dahulu pada anggota karang taruna, baru kemudian bila masih ada mereka jual pada pedagang sekitar.

Keuletan Tunas Karya ini tidak hanya dengan menanam sereh saja. Mereka juga menanam lengkuas, jahe, dan pisang yang belum ikut dipanen bersama sereh (30/03/2023). Tentunya mereka menunggu hasil optimal sebelum dipanen agar memaksimalkan hasil jual, dan mereka menilai lengkuas dan jahe yang mereka tanam tersebut masih dapat berkembang. Begitu juga dengan pisang, mereka menunggu agar buahnya benar-benar cukup umur untuk diperam.

Secara bertahap mereka memanen hasil tanam mereka, lalu menamam kembali sehingga menjadi kegiatan berkelanjutan. Hal positif dan menguntunkan yang perlu dicontoh. Hal tersebut juga bertujuan untuk merangkul muda-mudi Bobung agar semakin kompak sekaligus mendidik mereka menganai sulitnya mencari nafkah agar mereka menghargai setiap lembar hasil jeripayahnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT