KECINTAANNYA TERHADAP KEBUDAYAAN, FOTOGRAFER SAMBANGI RUMAH ALMARHUM MBAH SUGI

Lian 30 Maret 2023 08:04:21 WIB

Putat (SIDA) - Kecintaan terhadap budaya, beberapa fotografer sering mendatangi rumah almarhum Mbah Sugi di Bobung RW 002 RT 007. Maret ini sudah ada satu rombongan dengan anggota 5 fotografer profesional sengaja datang ke rumah Mbah Sugi yang memang di sana digunakan untuk memajang topeng-topeng klasik hasil karya Mbah Sugi sendiri. Kelima fotografer itu memotret topeng-topeng peninggalan Mbah Sugi yang sebagian besarnya merupakan topeng yang digunakan saat menari tarian tari topeng.

Empat dari lima fotografer tersebut merupakan warga yang berdomisili di Yogyakarta, sedangkan satunya adalah turis dari Malaysia yang memang menyenangi dengan kebudayaan peninggalan masa lampau.

Semasa hidupnya Mbah Sugi memang dikenal sebagai pelaku seni yang nguri-uri kebudayaan, merangkul warga Padukuhan Bobung untuk mencintai tari topeng yang memang menjadi salah satu ciri khas Bobung.

Rumah Mbah Sugi sekarang tak beda seperti museum yang memajang hasil karyanya, menunjukkan bahwa pernah ada seniman serba bisa mulai dari membuat topeng, mewarnainya hingga menari menggunakan topeng hasil kerajinan tangannya.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT