PELATIHAN PEMBUATAN KERIPIK JAMBU KRISTAL

Tari 20 Maret 2023 16:48:28 WIB

Putat (SIDA) – Pemerintah Kalurahan Putat terkait dengan Desa Preneur mengadakan pelatihan tentang pembuatan keripik dari buah yaitu jambu kristal. Pelatihan diadakan di Padukuhan Kepil pada hari Jumat (17/03/2023).

Pelatihan diadakan di Padukuhan Kepil karena di sana merupakan sentra buah jambu kristal. Pelatihan pembuatan keripik jambu kristal bertujuan untuk meningkatkan perekonomian sekaligus inovasi bagi masyarakat agar jambu kristal bukan hanya langsung dikonsumsi namun bisa menjadi atau mempunyai nilai ekonomis yang tinggi yaitu dengan cara dibuat menjadi keripik.

Pengolahan keripik dengan menggunakan alat yaitu vacum frying yang mendapatkan dana anggaran dari Pemerintah Kalurahan Putat. Alat tersebut dapat digunakan untuk membuat berbagai macam keripik buah, bukan hanya jambu kristal namun buah-buah yang lain juga bisa dibuat keripik. Proses pembuatan keripik membutuhkan kesabaran dan waktu yang cukup lama. Tahap pertama yaitu pengupasan dan pengirisan buah selanjutnya buah harus dimasukkan ke dalam pendingin terlebih dahulu sebelum digoreng untuk dijadikan keripik. Setelah itu  buah akan dimasukkan ke dalam vacum frying kurang lebih selama 1 jam. Kemudian buah diambil dan dimasukkan ke dalam alat pengering minyak dan baru dikemas. Buah yang dibuat keripik bisa bertahan kurang lebih selama 5 bulan.

Semoga dengan adanya alat tersebut dapat bermanfaat dan meningkatkan perekonomian masyarakat Kalurahan Putat.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT