BANSOS KAMBING UNTUK PEMBERDAYAAN RTM

07 Juli 2017 18:38:54 WIB

Putat (SID)- Bantuan Sosial (Bansos) melalui Program Ternak Kambing sebagai upaya pemberdayaan Rumah Tangga Miskin (RTM) dilaksanakan di Desa Putat melalui alokai Dana Desa Tahun 2017.

Program yang menelan biaya senilai 93 juta ini diharapkan dapat menjadikan warga berpenghasilan rendah atau miskin bisa berdaya. Oleh karena itu Tim Pengelola Kegiatan (TPK) lebih senang bansos ini disebut sebagai amanah agar dijaga dan dirawat dengan baik.

Pada hari pertama masuk setelah libu lebaran, Senin 3 Juli 2017 TPK langsung tancap gas pengadaan barang melalui supplier yang telah ditunjuk dan langsung diserahkan pada RTM yang berhak menerima sesuai dengan proposal yang diajukan oleh Dukuh dan sesui dengan data base kemiskinan di Desa Putat.

“Pada awalnya kuota kambing adalah 60 ekor dengan estimasi 1,5 juta per ekornya termasuk pajak. Tapi melihat kondisi harga di pasar maka Suplier bisa memberikan 65 ekor.” Jelas Sutarto selaku Ketua TPK Kegiatan Sosial.

“Pengajuan Dukuh pada proposal mencapai 63 orang, sehingga memang TPK kekurangan kuota kambing, namun Alhamdulillah dapat terpenuhi setelah melihat harga di pasar. Justru nanti ada dua RTM yang mendapat 2 ekor karena ada kelebihan kuota.” Juni selaku Sekretaris TPK menambahkan.

Program pemberdayaan ini mengambil system dari KUBE FM dari Dinas Sosial yang pernah ada, namun sebagai penyempurnaan program tersebut TPK sepakat untuk memberikan aturan main yang dituangkan dalam surat perjanjian bermaterai bagi setiap kelompok.

Hal tersebut dilakukan agar RTM penerima benar-benar menjaga amanah yang telah diterima agar nantinya mereka mampu berdaya dengan aset kambing yang dimiliki. Adapun secara garis besar perjanjian tersebut mengatur tentang tata cara laporan perkembangan yang menyangkut penjualan, kematian dan guliran pada RTM yang lain nantinya. Semoga dengan program tersebut RTM di Desa Putat dapat menurun.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT