PELATIHAN POSBINDU UNTUK KADER KESEHATAN

wahyun 17 Maret 2023 11:06:27 WIB

Putat (SIDA) – Dalam rangka memaksimalkan pemberdayaan dan peningkatan kapasitas Kader Kesehatan di Kalurahan Putat, Pemerintah Kalurahan Putat pada Jumat (17/03/2023) menyelenggarakan acara Pelatihan Posbindu untuk Kader Kesehatan. Acara yang dilaksanakan di Balai Kalurahan Putat ini dihadiri oleh 21 kader kesehatan dari 7 padukuhan yang belum terbentuk tim Posbindu yaitu padukuhan selain Putat Wetan dan Bobung.

Acara yang dihandle Kamituwa sebagai pemegang bidang kesehatan ini melakukan kerja sama dengan Puskesmas Patuk II sebagai narasumber pelatihan yaitu Dr. Jovita Dessy, Lina Widiyawati, dan Rosiana K. Dalam materinya Dr. Jovita menyampaikan terkait dengan Penyakit Tidak Menular (PTM). “Penyakit tidak menular ini merupakan ancaman nyata namun masyarakat sering abai karena biasanya ketahuan/dirasakan ketika penykait sudah tingkat akut atau parah,” jelasnya sebagai pengantar. “Posbindu inilah yang berperan menemukan kondisi penyakit menular sejak dini sehingga dapat diantisipasi segera,” lanjutnya. Lina Widiyawati yang merupakan salah satu pemegang Posbindu di Puskesmas Patuk II menyampaikan bahwa Posbindu ini merupakan wadah sebagaimana Posyandu balita atau lansia namun dengan sasaran yang berbeda. “Posbindu adalah wadah pelayanan kesehatan untuk masyarakat usia produktif yaitu 15 s.d. 59 tahun,” terangnya.

Setelah materi disampaikan oleh para narasumber, peserta pelatihan juga dilatih untuk praktek mengukur tekanan darah, cek lab gula darah, mengukur lingkar perut, dan tinggi badan. “banyak hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pengukuran sehingga didapat hasil ukur yang akurat dan benar-benar menggambarkan kondisi yang sedang diperiksa,” Jelas Lina Widiyawati saat mendampingi pelaksanaan praktek.

Setelah acara pelatihan ini diharapkan pelayanan Posbindu untuk masyarakat dapat berjalan rutin dan maksimal. “Biasanya pelayanan Posbindu dilaksanakan tiga bulan sekali untuk setiap padukuhan, “ terang Kamituwa saat memberi pengantar di awal acara. “Dengan pelatihan ini semoga pelaksanaan Posbindu di setiap padukuhan dapat dirtingkatkan,” ujarnya. “Untuk mendukung hal ini  kalurahan tahun ini akan menambahkan 3 paket Posbindu kit,” tambah Kamituwa. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT