PELATIHAN LEMPENG GENDAR UNTUK LEMBAGA PMBK SAMI ASIH

wahyun 06 Maret 2023 18:27:48 WIB

Putat (SIDA)- Dalam rangka pemberdayaan masyarakat berkebutuhan khusus di Kalurahan Putat yang tergabung dalam lembaga PMBK (Perkumpulan Masyarakat Berkebutuhan Khusus) Sami Asih, Pemerintah Kalurahan Putat menyelenggarakan pelatihan olahan makanan. Target dari pelatihan yang dibidangi Kamituwa ini adalah PMBK Sami Asih memiliki usaha milik lembaga dalam bentuk UMKM yang dapat dikembangkan bersama. Pengurus dan anggota PMBK Sami Asih sepakat menginginkan pelatihan membuat lempeng gendar/kerupuk beras. Pilihan ini mempertimbangkan bahan dan proses pembuatan produk yang murah dan mudah.

Pelatihan yang bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2023 ini dilaksanakan pada Minggu (05/03/2023). Acara yang dihadiri 30 anggota dan pengurus PMBK ini dilaksanakan di salah satu rumah pengurus PMBK Sami Asih, yaitu rumah Kasman yang terletak di Padukuhan Plumbungan dengan pertimbangan padukuhan Plumbungan terletak di area tengah dari delapan padukuhan lainnya.

Sebagai narasumber atau instruktur pada pelatihan yang dilaksanakan pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB ini adalah salah satu pelaku UMKM produsen lempeng gendar di Kalurahan Putat yaitu Painem. Narasumber yang berasal dari Padukuhan Plumbungan ini sudah menggeluti produksinya kurang lebih selama tiga tahun. Selama ini pemasaran produk instruktur yang biasa dipanggil Bu Painem ini dilakukan dengan menitipkannya di warung-warung dan selalu habis. Melihat kondisi ini, pengurus PMBK Sami Asih optimis bahwa produk lempeng gendar ini berpeluang besar untuk diterima pasar. “Terlebih produk ini nantinya akan kita beri label produk dari PMBK, hal ini akan menjadi nilai lebih dari produk,” ujar Kamituwa pada saat memberi sambutan.

PMBK Sami Asih juga berharap produk yang kelak akan rutin diproduksi oleh lembaga difable ini menjadi salah satu pilihan oleh-oleh dari Kalurahan Putat. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT