RAPAT KOORDINASI PENGURUS KALURAHAN MANDIRI BUDAYA

wahyun 28 Februari 2023 09:55:37 WIB

Putat (SIDA) – Selasa (28/02/2023) pengurus Kalurahan Mandiri Budaya Putat melaksanakan rapat koordinasi. Rapat koordinasi yang diselenggarakan di aula Kalurahan Putat ini merupakan kali pertama dilaksanakan di tahun 2023.

Agenda yang akan dibahas pada rapat pertemuan bersama pendamping budaya baru, Yuniarti, ini adalah meliputi kegiatan rutin budaya tahunan seperti pentas di bandara, gelar potensi budaya, bersih desa, dan kegiatan budaya lainnya. Selain itu pendamping budaya juga memaparkan program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 di Kalurahan Putat.

Lurah Putat, Rusbandi, pada sambutannya menyampaikan bahwa Balai Budaya Putat saat ini sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan diantaranya latihan karawitan, karate, dan anggar. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan Balai Budaya khususnya terkait pemegang kunci dan kebersihan. “Kami serahkan kepada Kalurahan Mandiri Budaya terkait kebersihan, monggo diatur,” jelasnya. “Kunci balai budaya biar disimpan di rumah Pak Ulu-Ulu, karena rumah beliau dekat. Hal ini mempertimbangkan efisiensi waktu dan tenaga jika setiap saat dibutuhkan,” tambahnya.

Pendamping budaya yang baru menyampaikan beberapa hal terkait program yang akan diterima Kalurahan Putat diantaranya fasilitasi upacara adat namun belum ditentukan jenis dan waktunya, pentas Selasa Wagen dengan nomor urut 7 yang diperkirakan akan terlaksana setelah lebaran, pentas di bandara dengan nomor urut 11 yang diperkirakan akan dilaksanakan di bulan Mei, gelar potensi yang rencana akan dilaksanakan di Bulan Agustus, serta workshop-workshop untuk pendamping. Rencana kerja yang dicanangkan pendamping budaya meliputi pengembangan kesenian tari, membentuk sanggar desa mandiri budaya sebagai pemanfaatan Balai Budaya dan regenerasi. Rencana kegiatan belajar menari akan dilaksanakan 2-3 kali seminggu di tiga titik yang berbeda yaitu Joglo Batur, Puratama Bobung, dan Balai Budaya. Selain itu pendamping juga berencana akan melaksanakan pelatihan dan pembinaan pakaian jawa, baik pakaian adat dan tari. “Mohon bantuan dan kerja sama dari Bapak Ibu semuanya,” ujar pendamping di akhir pemaparan.

Rapat koordinasi yang dihadiri sebagian pengurus Kalurahan Mandiri Budaya Putat ini juga dibahas dan disepakati bersama terkait kesenian yang akan dipentaskan di berbagai event yang telah dijadwakan. Dengan rapat koordinasi ini ketua Kalurahan Mandiri Budaya, Kemiran, berharap kegiatan budaya di Kalurahan Putat pada tahun 2023 dapat terlaksana dengan maksimal. “Dengan adanya koordinasi ini semoga kegiatan kita dapat berjalan lancar dan terkonsep jelas,” harapnya. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT