MUSKAL KPM BLT DD TAHUN 2023 KALURAHAN PUTAT

wahyun 13 Februari 2023 13:33:52 WIB

SIDA (Putat) – Dalam rangka penetapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahun anggaran 2023, Pemerintah Kalurahan Putat menyelenggarakan Musyawarah Kalurahan penetapan KPM BLT DD Tahun 2023. Musyawarah yang dilaksanakan pada Jumat (10/02/2023) di Aula Kalurahan Putat ini dihadiri oleh Panewu Patuk, Pendamping Desa, Bamuskal, Pamong Pemerintahan Putat, ketua RW dan perwakilan RT dari Sembilan padukuhan di Kalurahan Putat.

Sebelumnya, Dukuh telah melaksanakan musyawarah padukuhan beserta para tokoh masyarakat di padukuhan untuk menentukan nama-nama yang akan diusulkan sebagai penerima BLT DD. Pemerintah Kalurahan Putat melalui Kamituwa telah menyampaikan kriteria penerima BLT DD sesuai Peraturan Menteri Keuangan 201 Tahun 2022 pasal 36 yaitu

  1. Masuk kriteria miskin dalam data miskin ekstrim yang terter dalam SK Bupati Gunungkidul dan masuk dalam desil 1. Jika tidak ada bisa mengusulkan nama yang masuk dalam desil 2 s.d. 4.
  2. Kehilangan mata pencaharian
  3. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/ kronis/ dan/atau difable.
  4. Tidak menerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH)
  5. Rumah tangga yang merupakan lansia tunggal.

Mengingat kebijakan dari Kementrian Keuangan RI terkait besaran anggaran untuk BLT minimal 10 % dari total besaran dana desa, Pemerintah Kalurahan Putat menetapkan jumlah penerima BLT sebanyak 28 KPM.

Jumlah data yang diusulkan dari hasil musyawarah padukuhan sebanyak 56 nama. Nama-nama tersebut kemudian dimusyawarahkan dengan mempertimbangkan banyak hal hingga akhirnya berhasil diputuskan 28 nama calon KPM BLT DD. Selanjutnya nama 28 calon KPM BLT ini akan ditetapkan secara sah dengan peraturan lurah. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT