BANTUAN TERNAK AYAM KAMPUNG UNTUK BERDAYAKAN DISABILITAS

19 Juni 2017 23:36:35 WIB

Putat (SID)- Bantuan Ternak Ayam Kampung disalurkan Pemerintah Desa Putat untuk memberdayakan warga disabilitas. Program ini merupakan bagian dari kegiatan TPK Kegiatan Sosial Kemasyarakatan yang bersumber dari Dana Desa Tahap I.

Bantuan tersebut didistribusikan hari Senin 19 Juni 2017 bertempat di Balai Desa Putat. Hadir dalam penyerahan tersebut Juni Putra Nugraha selaku Kasi Pelayanan sekaligus memberikan penjelasan dan pengarahan perihal bantuan sosial dengan program tersebut dengan mengundang warga penyandang disabilitas ataupun keluarga yang mewakili dan disaksikan oleh Tumiyo Dukuh Gumawang.

Juni menjelaskan bahwa program ternak ayam ini dipilih sebagai upaya untuk memberdayakan warga disabilitas dengan berbagai pertimbangan salah satunya adalah kemudahan dalam pemeliharaannya. Program tersebut merupakan adopsi dari program Kementerian Sosial beberapa tahun lalu yang diberi nama Rehabilitasi Sosial Berbasis Keluarga (RSBK) yang dilaksanakan oleh Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita Kartini (BBRSBG) Temanggung.

“Kita mengadopsi Program RSBk Kemensos, tapi program itu adalah ternak kambing. Karena analisa kami ternak kambing cukup merepotkan penyandang difabel maka kita pilih ternak ayam kampung saja.” Jelas Juni.

Program ini menyerap anggaran Dana Desa Tahap I sejumlah Rp. 4.000.000 sebagai langkah awal. Ke depan Pemerintah Desa Putat akan mengupayakan pemberdayaan dengan pelatihan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dari para penyandang difabel meski tidak bisa bersamaan.

“Kita akan upayakan pemberdayaan yang lebih optimal, namun tentunya bertahap karena banyaknya jenis difabel di Desa Putat, sehingga tidak mungkin satu program dapat diaplikasikan untuk semua penyandang difabel.” Lanjut Juni.

Juni juga menyampaikan amanah dari Sukardi selaku Kepala Desa kepada penerima bantuan sosial agar bisa menjaga dan melestarikan bantuan ini agar bisa membantu secara ekonomis terlebih untuk membantu difabel untuk memupuk rasa kemandirian dalam mengelola ternak tersebut.

“Meskipun bantuan ini diberikan sebelum lebaran, tapi jangan dijadikan opor njih Bapak Ibu sekalian. Silahkan dijual tapi nanti ketika sudah ngrembaka dan setidaknya ketika dijual jumlah bantuan ini bisa ajeg sebagai indukannya, jangan dijual habis.” Juni berpesan.

Penyerahan secara simbolis diserahkan oleh Suprapti selaku Sekretaris Desa kepada Painem salah satu penerima bantuan yang merupakan penyandang difabel tubuh bagian kaki yang disebabkan saat gempa bumi tahun 2006 silam.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT