MATERI PEMASARAN DAN PENGELOLAAN SAMPAH DI PERTEMUAN PKK KALURAHAN DARI KKN PPM UGM

wahyun 22 Januari 2023 11:06:21 WIB

Putat (SIDA) – KKN PPM UGM Tahun 2022-2023 yang terjun di wilayah Padukuhan Patuk II menyelenggarakan program kegiatan sosialisasi pemasaran online dan pelatihan pengolahan sampah organik dan anorganik. Kegiatan ini dilaksanakan berbarengan dengan pertemuan rutin PKK Kalurahan pada Minggu (22/01/2022).

Materi pemasaran online disampaikan oleh salah satu mahasiswa KKN PPM UGM. Dalam materinya disampaikan bahwa tantangan bagi UMKM yang ada sekarang ini adalah bagaimana pemasaran bisa mengikuti perkembangan zaman dan teknologi serta gaya hidup masyarakat sekarang. Kondisi ini menjadi peluang para pelaku UMKM untuk memanfaatkan e-commerce / pasar on line. Untuk mendukung pemasaran online ini sehingga bisa bersaing dengan produk lain yang serupa, diperlukan pengemasan yang menarik dan inovasi pemasaran baik dalam bentuk diskon atau bonus. “Jika terkendala dengan SDM dapat bekerja sama dengan karang taruna.” Ujar pemateri. “Kemarin kami juga melaksanakan pelatihan desain kepada karang taruna yang dapat digunakan untuk mendesain kemasan agar lebih menarik,” imbuhnya.

Untuk pelatihan pengolahan sampah KKN UGM menggandeng praktisi pengolahan sampah dari Kalurahan Ngoro-ngoro, Jumirah. Pengolahan sampah anorganik berupa kardus bekas, plastic bekas, botol minuman bekas, dan sampah anorganik lainnya dapat di-reuse dengan cara mengubahnya menjadi berbagai barang yang bernilai ekonomis seperti vas bunga, tanaman hias, bros cantik, tempat sampah, dan lain-lain. “Jika di Putat sudah ada bank sampah itu sudah sangat baik. Namun akan lebih menguntungkan lagi jika sampah-sampah yang dapat kita manfaatkan untuk berkreasi kita buat sesuatu dan kita jual, harganya jauh lebih tinggi,” Jelas Jumirah. Selain memanfaatkan sampah anorganik, Jumirah juga menjelaskan cara pengolahan sampah organic berupa sampah dapur, daun, dan sampah organic lainnya. “Sampah organic ini dengan metode ekoenzim dapat kita manfaatkan untuk pupuk tanaman, bahan pembersih, media tanam, dan lain-lain,” lanjutnya.

Karena keterbatasan waktu, pelatihan pengelolaan sampah ini tidak sampai tahap praktek. Namun lembaga PKK Kalurahan Putat berencana akan menindak lanjuti pelatihan ini kedepannya. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT