PELATIHAN SESORAH GAGRAK NGAYOGYAKARTA PEMERINTAH KALURAHAN PUTAT

Tari 30 November 2022 19:42:47 WIB

Putat (SIDA) – Pemerintah Kalurahan Putat mengadakan kegiatan pelatihan 5 aspek kebudayaan khususnya kegiatan pengembangan dan pemeliharaan bahasa, sastra dan aksara jawa bagi Lurah, Pamong, staf Pamong, Dukuh dan tokoh masyarakatKalurahan Putat di Aula Kalurahan Putat pada tanggal 28,29 dan 30 November 2022 dengan materi sesorah gagrak Ngayogyakarta dengan narasumber Bapak Angger Sukisno.

Pelatihan meliputi cara menjadi pembawa acara yang benar dengan bahasa jawa, ucapan selamat datang, pasrah temanten dan panampi atau serah terima pengantin. Hari pertama pelatihan menjadi pembawa acara yang benar dengan kata-kata jawa yang benar.

Hari kedua pelatihan memakai pakaian jawa untuk putra dan putri. Untuk putra banyak perlengkapan yang digunakan yaitu sinjang, setagen (kamus atau lontong), surjan (bekap atau peranakan), blangkon, keris, selop dan celana panji. Sedangkan untuk perempuan yaitu jarik, kebaya atau lurik, selop. Peserta juga diajari bagaimana cara mewiru jarik yang benar dan cara memakainya sesuai urutan agar terlihat bagus.

Hari ketiga pelatihan seluruh peserta harus memakai pakaian adat jawa lengkap baik untuk laki-laki maupun perempuan. Dilanjutkan dengan praktek membawakan acara, pambagya, pasrah dan tampi untuk acara pernikahan. Sesuai dengan kelompoknya masing-masing yang sudah ditentukan. Acara pelatihan berjalan dengan lancar dan peserta sangat antusias dengan pemaparan yang mudah dipamahi dan dimengerti.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT