PENTAS KESENIAN 9 PADUKUHAN

wahyun 08 Oktober 2022 21:36:43 WIB

Putat (SIDA) – Sabtu (08/10/2022) Kalurahan Putat memperingati hari kelahiran ke-159. Berbagai acara diselenggarakan untuk memeriahkan kegiatan yang bersumber dari fasilitasi Dana Keistimewaan Kalurahan Putat sebagai Desa Mandiri Budaya ini. Acara dimulai dengan kirab budaya  dari Padukuhan Putat Wetan sampai halaman Balai Budaya di Padukuhan Gumawang. Dalam kirab ini sembilan padukuhan di Kalurahan Putat menampilkan potensi kesenian yang dimilikinya.

Selain mengikuti kirab budaya, berbagai kesenian dari sembilan padukuhan yaitu Reog Batur, Kuda Lumping Ngesti Budaya Bobung, Sholawat Plumbungan, Andhe-Andhe Lumut dari Padukuhan Kepil, Gejog Lesung Gumawang, Kesenian Thoklik Putat Wetan, Sholawat Jawi Sendangsari, Sholawat Jawi Putat I, dan Jathilan Putat II, dipentaskan di aula Balai Budaya. Selain untuk menghibur masyarakat, pentas ini juga dinilai oleh Lurah Putat, Rusbandi, dan akan diberikan penghargaan untuk penampilan terbaik. Setiap penyaji diberikan waktu pentas maksimal 10 menit kecuali Jathilan Putat II diberikan waktu hingga pukul 16.00 WIB sebagai hiburan penutup untuk penonton. Selain menonton langsung, masyarakat juga dapat menyaksikan pentas ini secara live di Youtube.

Di sela-sela pertunjukan kesenian, panitia telah menyiapkan kuis membaca aksara jawa dan akan mendapat doorprize bagi warga yang bisa membaca dengan benar. Kuis ini dikategorikan untuk anak-anak usia TK, SD, SMP, SMA, dan masyarakat umum. Selain untuk selingan pementasan kesenian, kuis ini ditujukan untuk memotivasi masyarakat agar bersemangat kembali mengenal dan mempelajari aksara jawa. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT