PELATIHAN KALURAHAN SEHAT DENGAN FOKUS KESEHATAN JIWA

wahyun 04 Oktober 2022 14:55:47 WIB

SIDA (Putat) – Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan memaksimalkan peran kader kesehatan di masayarakat, Pemerintah Kalurahan Putat Selasa (04/10/2022) menyelenggarakan Pelatihan Desa Siaga atau Kalurahan Sehat. Kegiatan yang bersumber dari dana desa ini dilaksanakan di aula Kalurahan Putat dengan focus tema yaitu kesehatan jiwa.

Pelatihan Kalurahan Sehat tahun 2022 mengangkat tema kesehatan jiwa dikarenakan tingginya jumlah masyarakat di Kalurahan Putat yang mengalami kondisi tidak stabil secara emosi dan mental. Puskesmas Patuk II selaku UPT yang menaungi Kalurahan Putat menyebutkan ada 31 warga Kalurahan Putat yang terdata mengalami masalah kejiwaan. Hal ini menjadikan Kamituwa selaku pelaksana kegiatan memutuskan mengambil pembahasan dan pembekalan spesifik yaitu tentang kesehatan jiwa kepada 20 kader kesehatan yang menjadi peserta pelatihan.

Sebelum materi inti disampaikan Sri Hardiyanti selaku Promkes Kejiwaan di Puskesmas Patuk II dan Dr. Eviana Utami, Sukadi yang merupakan Binmas Polsek Patuk menyampaikan arahan dan pesan kepada para kader untuk lebih mengawasi anak-anak dalam penggunaan kendaraan bermotor ataupun handphone. “Di kesempatan ini saya mengingatkan kita sebagai orang tua untuk lebih memperhatikan pergaulan anak-anak kita,” ujarnya. “Mari kita edukasi untuk tidak mengendarai motor dulu sebelum usia yang diperbolehkan dan terus kita monitor penggunaan gudget anak-anak kita,” lanjutnya.

Nakes yang biasa disapa Bu yanti menyampaikan tanda-tanda seseorang yang mengalami masalah kejiwaan. “Ada beberapa tanda yang bisa dilihat untuk menjadi kewaspadaan. Seseorang harus berhati-hati jika memiliki gejala berhalusinasi tinggi, suasana hati yang berubah-ubah, perasaan sedih jangka Panjang, cemas berlebihan, perubahan pola tidur, perilaku yang tidak wajar, atau marah berlebih sampai mengamuk,” jelasnya. “Hal-hal ini merupakan ciri-ciri gangguan mental. Harus segera ditangani agar tidak semakin parah,” tambahnya.

Dr. Eviana Utami menjelaskan kepada peserta pelatihan tentang cara pengisian aplikasi deteksi dini Kesehatan jiwa. Aplikasi ini diharapakan dimanfaaatkan oleh masyarakat luas untuk mengetahui kondisi kejiwaan. “Monggo ibu-ibu kader bisa mengawali dengan mengisinya melalui link http://bit.ly/DeteksiJiwa,” pesannya .[YN]

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT