MONITORING FASILITASI PEMBINAAN KELOMPOK KESENIAN NGESTI BUDAYA KEPIL

wahyun 15 September 2022 15:59:35 WIB

Putat (SIDA) – Kamis (15/09/2022) Dinas Kebudayaan DIY dan Tim Monitoring dan Evaluasi melaksanakan monev ke-dua program pendampingan kelompok budaya Ngesti Budaya, Padukuhan Kepil.  Kegiatan yang dilselenggarakan sore hari ini merupakan latihan ke-16 kesenian Andhe-Andhe Lumut dengan lakon Kethek Ogleng.

Kelompok kesenian Ngesti budaya Padukuhan Kepil tahun ini memperoleh program berupa pembinaan dan fasilitasi latihan selama 6 bulan atau 30 kali latihan. Hasil akhir dari pendampingan ini adalah pengambilan dokuementasi yang akan dilaksanakan pada Bulan Oktober 2022 nanti bertempat di Dinas Kebudayaan DIY. Selama pendampingan diagendakan monitoring dan evaluasi sebanyak empat kali. Selain monev, bentuk lain fasilitasi yang diperoleh Kelompok Kesenian Ngesti Budaya adalah  berupa operasional Latihan dan pelatih.

Kemiran selaku ketua Desa Mandiri Budaya sekaligus koordinator latihan membuka acara monev. Dalam agenda yang diselenggrakan di aula Kalurahan Putat ini Lurah Putat, Rusbandi, berhalangan hadir sehingga diwakili oleh Kamituwa. Dalam sambutannya Kamituwa menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan DIY atas perhatian dan fasilitasi-fasilitasi yang diberikan selama ini. Selain itu Kamituwa mengajak pelaku kesenian untuk memaksimalkan latihan agar setelah pendampingan Kelompok Kesenian Ngesti Budaya benar-benar bertransformasi menjadi lebih baik dan lebih eksis. “Wujud syukur kita adalah dengan latihan maksimal dan semangat agar hasil sesuai dengan harapan kita bersama,” ujarnya. Setelah sambutan dari Kamituwa acara dilanjutkan dengan penampilan Kethek Ogleng yang dimainkan oleh pelaku seni dari berbagai usia.

Dalam sesi evaluasi, Tim Monev yang terdiri dari 3 personil menyampaikan secara garis besar ada kemajuan penampilan dibandingkan dengan saat monev pertama dulu. Tetapi ada beberapa hal yang harus dibenahi diantaranya dimohon untuk diperhatikan lagi cara pemakaian jarik yang benar dan rapi, sekalipun latihan harus ditentukan titik masuk dan keluar panggung, gerak-gerik ketheknya diperhalus lagi, dan dibuat variasi pola lantai untuk tari pembuka.

“Setelah agenda monev ini diharapkan para pemain Kethek Ogleng tambah semaggat dan tekun dalam latihan sehingga dapat maksimal dan memuaskan saat pengambilan dokumentasi di pertengahan Oktober Nanti,” harapan salah satu tim monev yang biasa disapa Pak Bagong. Acara monitoring dan evaluasi ini selesai saat waktu Maghrib dan diakhiri dengan foto bersama. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT