RAPAT DESA SIAGA BAHAS KOORDINASI BANK SAMPAH

wahyun 26 Agustus 2022 12:35:25 WIB

Putat (SIDA) – Beberapa waktu lalu Pemerintah Kalurahan Putat telah membentuk bank sampah di sembilan padukuhan di Kalurahan Putat dan memfasilitasinya dengan memberikan beberapa alat seperti timbanan, kalkulator, karung, dan buku administrasi serta ATK. Jumat (26/08/2022) Pemerintah Kalurahan Putat melalui Kamituwa sebagai pemegang bidang kesehatan melakukan evaluasi dan koordinasi jalannya Bank Sampah di sembilan padukuhan dalam agenda Rapat Desa Siaga. Dalam kegiatan yang dilaksanakan di balai Kalurahan Putat ini dihadiri oleh perwakilan pengurus bank sampah di masing-masing padukuhan sebanyak 3 pengurus dari setiap padukuhan.

Dalam kesempatan ini Sukarni, perwakilan Pokja 4 PKK sebagai pokja yang membidangi kesehatan dan lingkungan menyampaikan arahan dan motivasi agar setiap padukuhan bisa memaksimalkan program yang sangat baik ini. “Seagaimana yang sudah kita pahami, bank sampah ini adalah kegiatan yang selain untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan mengurangi sampah di alam, menjaga kesehatan dengan mengurangi pemusnahan melalui cara pembakaran sampah, bank sampah juga dapat berdampak untuk ekonomi,” jelansya. “Kita ubah sampah agar membawa berkah dan menjadi rupiah,” tambahnya.

Selanjutnya, dipimpin Kamituwa setiap padukuhan menyampaikan jalannya kegiatan bank sampah dan perkembangan serta kendala yang dihadapi. Sebagian besar padukuhan telah melaksanakan penimbangan sampah sebulan sekali. Setiap kali penimbangan sampah dana yang terkumpul dari penjualan sampah mencapai Rp 100.000,00 – Rp 2.000.000,00. Dana ini akan menjadi tabungan para nasabah dan akan dibagikan sekali dalam satu tahun. Kendala yang dihadapi dalam kegiatan bank sampah ini adalah jarak yang cukup jauh jika nasabah mengantarkan sampah lintas RT.

Kamituwa berharap Padukuhan Putat Wetan dan Kepil yang sudah melaksanakan Bank Sampah cukup lama untuk mendampingi dan membantu menjelaskan bagaimana bank sampah dapat berjalan serta bagaimana cara pengadministrasiannya. “Untuk penimbangan pertama bisa minta tolong kepada Putat Wetan atau Kepil nggih,” ujar Kamituwa.

Kegiatan bank sampah ini akan dievaluasi dan dimonitoring secara berkala oleh Pemerintah Kalurahan Putat. “Kami berharap tujuan bank sampah untuk melestarikan lingkungan dan membantu perekonomian dapat benar terlaksana,” ucap Kamituwa sebelum menutup acara rapat Desa Siaga yang membahas Bank Sampah ini.[YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT