PADUKUHAN PUTAT WETAN MEWAKILI LOMBA PENGAGUNGAN

wahyun 04 Agustus 2022 10:22:03 WIB

Putat (SIDA)- Dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan RI ke -77 Kapanewon Patuk menyelenggarakan beberapa lomba antar kalurahan, salah satunya lomba pengagungan. Rabu (03/08/2022) Kalurahan Putat terjadwal untuk pelaksanaan dan penilaian lomba pengagungan. Padukuhan yang mewakili dalam perlombaan yang dilaksanakan pasca pandemi ini adalah Padukuhan Putat Wetan.

Dalam lomba pengagungan ini tim juri yang berasal dari unsur kapanewon, dipimpin langsung oleh Panewu, melaksanakan penialian dari dua aspek yaitu lingkungan dan karnaval. Lomba lingkungan meliputi rumah sehat, kebersihan lingkungan, dan kegiatan di masyarakat yang terkait dengan bidang tersebut. Pada aspek karnaval kalurahan diminta untuk menghimpun partisipasi masyarakat sebanyak-banyaknya agar peringatan HUR RI Ke-77 ini semakin meriah.

Untuk memeriahkan karnaval di Putat Wetan ini beberapa padukuhan menyokong dengan turut menampilkan potensi budaya yang ada di padukuhannya masing-masing antara lain bregodo dari Padukuhan Batur, Tari Kuda Lumping dari Bobung, kesenian Ande-Ande Lumut dari Kepil, dan hadroh dari Putat I. Sedangkan dari Padukuhan Putat Wetan menampilkan berbagai potensi yang ada di wilayahnya antara lain Kelompok Wanita Tani, Bank Sampah, UMKM, dan kelompok kesenian toklik. Dunia pendidikan yang ada di wilayah Putat Wetan juga turut menyemarakkan dengan mengutus siswa siswinya untuk mengikuti pawai antara lain SMK Muhammadiyah 1 Patuk, TK ABA Putat Wetan, SD Bunder II, SMP 2 Patuk, SMP 3 Patuk, dan barisan santri TPA Masjid Al Ikhlas Putat Wetan.

Lurah Putat, Rusbandi, menyampaikan bahwa Padukuhan Putat Wetan yang terletak tidak jauh dari pusat pemerintahan Kalaurahan Putat ini memiliki banyak potensi yang bisa dicontoh dan dikembangkan di padukuhan lainnya. “Bank sampah Putat Wetan menjadi pelopor terbentuknya Bank Sampah di Kalurahan Putat. KWT-nya juga maju dan aktif,” ujar Rusbandi.

Dalam kesempatan ini Dukuh Putat Wetan, Dhian Febro Arianta, memaparkan berbagai potensi yang ada di Padukuhan Putat Wetan baik potensi alam, sosial, dan budaya. “Potensi yang ada di Padukuhan Putat Wetan cukup banyak dan lengkap,” ujarnya. “Dengan adanya lomba pengagungan ini semoga padukuhan kami lebih semangat untuk bertumbuh lagi,” lanjutnya. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT