BERSIH DUSUN PADUKUHAN BATUR KIRAB ARAK GUNUNGAN

Tari 12 Juli 2022 21:40:10 WIB

Putat (SIDA) – Padukuhan Batur mengadakan acara bersih dusun pada hari Senin (11/07/2022) di Joglo Batur. Acara di meriahkan dengan kirab budaya mengiring gunungan dari jalan depan Masjid Al Muttaqin menuju Joglo Batur. Kirab diiukuti oleh seluruh warga Padukuhan Batur  dengan menggunakan pakaian jawa atau lurik dengan memakai kain jarik.

Gunungan diarak dengan pasukan bergodo dan reog diikuti warga dengan menggendong tenggok berisi nasi dan lauk pauk untuk dibawa ke Joglo Batur untuk kenduri bersama. Rasulan merupakan tanda syukur warga karena telah melakukan panen padi dengan melimpah.

Selain membawa nasi dalam tenggok, setiap warga juga membawa sarang masing-masing 4 buah untuk setiap rumah untuk nantinya sebagai tempat atau wadah berkat atau nasi yang telah didoakan dan untuk dibagikan ke seluruh warga yang hadir dalam acara rasulan tersebut.

Acara rasulan Padukuhan Batur dihadiri oleh Lurah Putat beserta pamong, Tim monev pendamping budaya, Jawatan praja kapanewon Patuk dan tim penilai lomba kebersihan lingkungan.

Dalam acara rasulan juga dimeriahkan dengan kesenian gejog lesung Marsudi Laras Padukuhan Batur. Acara berjalan dengan lancar dan khidmad. Pada malam harinya dimeriahkan dengan hiburan electone yang di selenggarakan oleh Karang Taruna Perdacita Padukuhan Batur.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT