UPACARA ADAT METHIK PARI KALURAHAN PUTAT

Tari 20 Juni 2022 09:32:43 WIB

Putat (SIDA) – Pemerintah Kalurahan Putat mengadakan acara upacara adat yang difasilitasi dari Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta. Upacara adat methik pari diadakan di Joglo Batur pada hari Minggu (19/06/2022).

Acara di mulai dengan acara methik pari di area persawahan dekat Joglo Batur. Kemudian diarak dengan pasukan Bergodo menuju Joglo Batur. Acara berjalan meriah dan khidmad yang dihadiri oleh Dinas Kebudayaan Propinsi dan Dinas Kebudayaan Kabupaten.

Acara juga dimeriahkan dengan pameran aneka kerajinan, Produk makanan dan juga atraksi budaya yaitu gejog lesung, tari-tari dan karawitan. Adat kenduri juga diadakan dengan kenduri ingkung dan didoakan kemudian dibagi ke seluruh tamu yang hadir untuk dimakan bersama. Makanan kenduri dibungkus dengan daun jati yang merupakan masih tradisi adat leluhur. Pelaku seni merupakan warga Kalurahan Putat. Kalurahan Putat mempunyai banyak budaya yang masih dilestarikan sampai sekarang.

Semoga adat tradisi budaya bisa dilestarikan sampai nanti anak cucu sehingga bisa terjaga. Masyarakat selalu menjunjung adat tradisi yang sudah ada dan dapat selalu menjaganya.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT