PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH DAN PEMBENTUKAN BANK SAMPAH KALURAHAN PUTAT

Tari 10 Juni 2022 21:49:05 WIB

Putat (SIDA) – Dalam rangka peningkatan PHBS masyarakat, Pemerintah Kalurahan Putat Kapanewon Patuk mengadakan acara Pelatihan Pengelolaan Sampah dan Pembentukan Bank Sampah dengan sasaran 9 Padukuhan yang ada di Kalurahan Putat. Pada hari Kamis (09/06/2022) di Aula Kalurahan Putat.

Acara dihadiri oleh Kamituwo Putat, Puskesmas Patuk II dan perwakilan kader per RT yang ada di Kalurahan Putat. Tujuan pelatihan ini agar Kalurahan Putat menjadi Kalurahan yang bersih dan sehat serta meminimalkan pembakaran sampah yang dapat menyebabkan polusi.

Siti Rahmawati menjelaskan mengenai bank sampah, yaitu mengubah sampah menjadi uang. Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang dipilah akan disetorkan kepada pengepul. Manfaatnya yaitu strategi membangun kepedulian masyarakat terhadap sampah, meningkatkan ekonomi dan lingkungan bersih.

Yang harus dilakukan oleh Bank sampah yaitu pemilahan sampah sesuai dengan jenisnya yang dilakukan sejak disumbernya, tiap rumah memiliki sarana untuk mengumpulkan sampah kering terpilah, menyediakan pengurus bank sampah, membuat system administrasi, membuat kesepakatan jadwal penjualan dan memiliki pengepul dengan jadwal pengambilan rutin. Sampah bisa menjadi uang dan lingkungan bisa menjadi bersih.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

PELADI MAKARTI

PENDATAAN PELAKU USAHA/ UMKM DI KALURAHAN PUTAT